Mata Banua Online
Senin, Desember 22, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Konsumen Kian Hati-Hati Berbelanja

by Mata Banua
3 Desember 2025
in Ekonomi & Bisnis
0
D:\2025\Desember 2025\4 Desember 2025\7\7\iyanhn.jpg
(foto:mb/ant)

JAKARTA – Konsumen In­do­ne­sia semakin banyak yang kian ber­hati-hati dalam berbelanja, di­do­rong oleh meningkatnya ke­k­ha­watiran seputar pengeluaran ru­mah tangga dan komitmen ke­u­angan jangka panjang.

UOB ASEAN Consumer en­timent Study (ACSS) 2025 ter­ba­ru mencatat pendekatan ini se­ma­kin mendalam dibandingkan ta­hun lalu, meskipun banyak kon­sumen yang terus berbelanja un­tuk pengalaman gaya hidup ya­ng bermakna.

Berita Lainnya

G:\2025\Desember 2025\22 Desember 2025\7\7\hal 7 - 2 klm (Bawah).jpg

Waspada Penipuan Keuangan Jelang Nataru

21 Desember 2025
G:\2025\Desember 2025\22 Desember 2025\7\okj.jpg

Kemendag Ancam Cabut Izin Distributor Nakal

21 Desember 2025

Indeks Sentimen Konsumen ASEAN (Indeks) UOB yang ba­ru diluncurkan juga mencatat sen­timen keseluruhan Indonesia di angka 55, turun dari 58 tahun se­be­lumnya. Ini mencerminkan op­timisme yang tetap waspada di tengah tekanan biaya yang ma­sih berlangsung.

Consumer Banking Director UOB Indonesia, Cristina Teh Tan, mengatakan konsumen Ind­onesia lebih cermat dalam hal pe­ngeluaran. Mereka meng­ing­in­kan nilai juga ingin menikmati pe­n­galaman yang bermakna. UOB berkomitmen membantu na­sabah membuat keputusan ke­u­angan yang tepat dengan me­na­warkan berbagai manfaat prak­tis, termasuk cashback un­tuk pengeluara harian, pe­na­war­an bersantap, reward per­ja­lan­an, dan cicilan yang fleksibel.

“Kami bertujuan membantu na­sabah dalam mengelola pe­ng­e­lu­aran dengan bijak, dan di saat ber­samaan tetap dapat menikmati hal-hal berharga dalam hidup,” ujar Cristina di Jakarta.

Indeks berasal dari enam in­di­kator utama yang mengukur pan­dangan konsumen terhadap kon­disi ekonomi saat ini dan ma­sa depan, srta keuangan pribadi me­reka.

Pada bagian keuangan pri­ba­di, sub-indeks terkait sentimen kon­sumen terhadap keuangan pri­badi di masa depan, kek­ha­wa­tiran atas komitmen keuang­an ja­ngka panjang, kenaikan peng­eluaran rumah tangga, dan p­e­mo­to­ngan gaji telah turun enam po­in menjadi 53 poin di­ban­di­ng­kan tahun lalu.

Mengenai kondisi makro, ha­m­pir tiga dari lima orang In­do­nesia berpandangan positif ter­ha­dap kondisi ekonomi saat ini dan proporsi yang sama tetap op­timistis terhadap kondisi eko­nomi di masa mendatang, de­ng­an sedikit peningkatan di­ban­di­ngkan tahun 2024, masing-ma­sing di 55 persen dan 56 per­sen. Hal ini menunjukkan bah­wa meskipun konsumen me­ra­sa­kan tekanan kenaikan biaya, me­reka tetap optimistis terhadap pro­spek kondisi makro Ind­o­ne­sia.

Banyak masyarakat Indo­ne­sia, terutama Gen X, mem­per­ke­tat kebiasaan belanja. Studi me­nemukan bahwa 59 persen res­ponden merasa inflasi ber­dam­pak negatif pada daya beli ru­mah tangga mereka, men­do­rong mereka untuk mem­pri­o­ri­tas­kan kebutuhan pokok dan le­bih selektif terhadap barang-ba­rang opsional.

Hal ini terlihat dari pe­ru­bah­an terbesar dalam kebiasaan be­lan­ja konsumen selama setahun te­rakhir, yang mencakup hampir se­paruh responden membeli le­bih banyak produk saat diskon dan 43 persen membeli lebih ban­yak produk multifungsi un­tuk memaksimalkan nilai.

Kehati-hatian ini didorong oleh meningkatnya kek­ha­wa­tir­an, 48 persen konsumen kha­wa­tir tentang komitmen keu­ang­an mereka pada tahun 2025, na­ik dari 39 persen di tahun 2024, men­yoroti meningkatnya fokus pa­da kehati-hatian finansial. rep/mb06

 

Mata Banua Online

© 2025 PT. Cahaya Media Utama

  • S0P Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper