Jumat, Juli 4, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Gurihnya Perputaran Uang Bisnis Skincare

by Mata Banua
3 Juni 2025
in Ekonomi & Bisnis
0
D:\2025\Juni 2025\4 Juni 2025\7\7\ft  bwah.jpg
(foto:mb/web)

JAKARTA – Zaman kiwari, ki­an banyak masyarakat yang men­yadari pentingnya memakai pro­duk perawatan kulit (skin­care) untuk menjaga kesehatan mau­pun mengatasi permasalahan kulit.

Pengguna skincare tak cuma ka­um hawa. Laki-laki juga rutin me­makai produk ini sehari-hari. Buk­tinya, semakin banyak je­na­ma yang merilisproduk skin­ca­re khusus pria.

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\4 Juli 2025\7\7\hal 7 - 2 klm (KIRI).jpg

Skema LPG 3 Kg Satu Harga Mirip Pertamax

3 Juli 2025
Beras 5 Kg Tak Sesuai Takaran

DPR Sebut Beras Stok Lama Bulog Berkutu

3 Juli 2025
Load More

Di tengah gempuran impor skin­care, terutama dari Korea Se­la­tan, industri perawatan kulit di dalam negeri juga tumbuh pesat. Ba­nyak pesohor yang ‘bermain’ di bisnis ini karena menyadari be­sarnya potensi pasar Tanah Air.

Se­berapa menarik pasar skincare In­donesia?

Pada Feruari 2024, Menteri Ko­ordinator Bidang Pe­re­ko­no­mian Airlangga Hartarto pernah me­ngungkap pertumbuhan fe­no­me­nal industri kosmetik, di ma­na skincare termasuk di da­lamnya.

Airlangga menyebut per­tum­buhan industri kosmetik lokal tum­buh 21,9 persen dari 913 per­u­sahaan pada 2022 menjadi 1.010 perusahaan pada per­te­ngahan 2023.

Dari berbagai produk yang di­ha­silkan oleh perusahaan kos­metik pada 2022, pasar terbesar di­dominasi segmen perawatan di­ri atau personal care dengan vo­lume pasar sebesar US$3,18 mi­liar atau setara Rp51 triliun (asum­si kurs Rp16.270).

Lalu, disusul skincare se­be­sar US$2,05 miliar atau setara Rp33,3 triliun, lalu kosmetik US$1,61 miliar atau Rp26 tri­liun, dan wewangian US$39 juta atau Rp635,5 miliar.

“Dengan komposisi 95 per­sen industri kosmetik lokal me­ru­pakan Industri Kecil dan Me­ne­ngah, industri ini tercatat mam­­pu menyerap tenaga kerja se­kitar 59.886orang pada tahun 2022,” kata Airlangga kala itu.

Kinclongnya pasar ke­can­tik­an Indonesia juga bisa dilihat da­ri penjualan produk di e-com­merce.

Di e-commerce, penjualan pro­duk personal care dan kos­me­tik melesat dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2018-2022, per­sonal care dan kosmetik me­ru­pakan top 3 penjualan di mar­ke­t­place, dengan nilai transaksi men­capai Rp13.287,4 triliun dan volume transksi 145,44 juta kali.

Kementerian Perindustrian (Ke­menperin) juga mencatat ge­mi­langnya industri kosmetik lo­kal. Pada 2020, jumlah pelaku usaha di sektor ini cuma 726, tetapi angkanya melonjak lebih da­ri 77 persen pada 2024, di ma­na pebisnis kosmetik men­yen­tuh angka 1.292.

Dari 1.292 industri yang ter­ca­tat itu, sebanyak 83 persen di an­taranya masuk kategori pe­ru­sa­haan mikro dan kecil, serta si­sanya 17 persen industri mene­ng­ah dan besar.

“Peningkatan ini men­cer­min­kan daya saing an inovasi ya­ng terus berkembang, men­ja­di­kan industri kosmetik sebagai sa­lah satu sektor yang harus te­rus dikembangkan dan memiliki pros­pek yang positif,” ucap Di­rek­tur Jenderal Industri Kecil, Me­nengah dan Aneka Ke­men­pe­rin, Reni Yanita dalam ke­te­ra­ngan resmi.

Dengan merujuk data Sta­tis­tik, Reni mengatakan proy­ek­si pasar kosmetik nasional d­i­per­ki­rakan mencapai US$9,7 mi­liar atau Rp157 triliun pada 2025. Industri kecantikan juga di­prediksi tumbuh 4,33 persen per taun hingga 2030. cnn/mb06

 

ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA