BANJARMASIN – Dalam upaya meningkatkan pelayanan, PAM Bandarmasih menerapkan Sistem Manajemmen Mutu Perusahaan Air Minum Terpadu (SIMPAMDU)
Manajer pelayanan PAM Bandarmasih, Murdadi menjelaskan, penerapan standar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan internal pelayanan pada di PAM Bandarmasih.
Sejauh ini, PAM Bandarmasih telah memakai sistem manajemen standard internasional, yakni ISO 9001:2015, ISO SMK3, dan ISO 27001. Ketiga ISO tersebut, sudah meliputi terkait manajemen mutu, manajemen keselamatan kerja, dan juga manajemen pengamanan data.
“Kedepannya kita juga akan mendapatkan Sertifikasi Laboratorium ISO 17025, yang juga merupakan sistem standar internasional,” kata Murdadi.
Saat ini, lanjutnya, pihaknya sudah membuat program pemaduan sistem standaridasi tersebut yakni SIMPAMDU, yang sudah mulai beroperasi sejak 1 April 2024. “Jadi ke 3 ISO dan Sertifikat laboratorium sudah mulai terintegrasi ke sistem tersebut,” ucap Murdadi.
Menurutnya, kelebihan dari sistem tersebut dapat mempermudah kinerja, dan juga menghemat waktu dan juga dana. Karena dengan SIMPAMDU ini untuk audit atau sertifikasi cukup dengan sekali audit saja. ” Kita sudah langsung bisa mendapatkan keempat sertifikat tersebut. Karenakan keempat sistem tersebut harus sertifikasi atau di audit kelayakannya setiap tahun,” tutur Murdadi.
Sebelumnya, kita harus satu-satu auditnya, tapi dengan SIMPAMDU ini cukup 1 kali, jadi dapat menghemat waktu, tenaga, dan juga dana, sehingga lebih efisien. Dengan layaknya sistem-sistem tersebut, pelayanan juga dapat lebih baik lagi terhadap pelanggan.
“Jadi untuk pelayanan dalam segi pengamanan data pelanggan juga lebih aman, dan pelanggan bisa lebih percaya lagi kepada PAM Bandarmasih,” tutupnya. via