JAKARTA – Perusahaan riset Populix mengeluarkan hasil surveinya terkait perilaku dan motivasi masyarakat dalam membeli barang melalui platform e-commerce. Hasilnya Tokopedia menjadi brand e-commerce yang paling nyantol di benak konsumen saat ingin berbelanja online.
Head of Research Populix Indah Tanip mengemukakan, e-commerce menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia (82 persen) untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga dan kesehatan dibandingkan melalui media sosial (13 persen) maupun secara offline (6 persen).
Beberapa alasan yang mendorong mereka untuk memilih berbelanja barang tersebut melalui platform e-commerce, yakni hemat waktu dan tenaga (79 persen), gratis ongkos kirim (72 persen), harga lebih murah dari toko offline (62 persen), tersedia diskon pembelian (61 persen), dan kemudahan membandingkan harga dengan toko lain (57 persen).
“Anggaran yang dikeluarkan untuk berbelanja di e-commerce pun lebih tinggi dibandingkan dengan belanja di media sosial, tetapi masih cenderung di bawah anggaran ketika membeli barang dengan mengunjungi toko secara langsung, khususnya untuk kategori produk elektronik,” ujar Indah, Selasa.
Tokopedia menempati posisi top of mind sebagai brand e-commerce yang menjadi pilihan utama masyarakat dalam membeli produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan, dengan porsi 44 persen. Disusul Shopee (40 persen) dan Lazada (11 persen).
“Tokopedia juga menjadi e-commerce dengan tingkat konversi tertinggi dalam hal retensi pembelian dibandingkan e-commerce lainnya,” imbuh Indah.
Untuk produk elektronik saja, survei menunjukan bahwa dalam sebulan terakhir platforn e-commerce yang paling banyak digunakan yakni Tokopedia (58 persen), disusul Shopee (47 persen) dan Lazada (14 persen). Pada kategori ini, konsumen terlihat lebih puas menggunakan Tokopedia dengan skor 4.2, jika dibandingkan dengan pengguna Shopee yang memiliki tingkat kepuasan 4.1 dan Lazada sebesar 3.9.
“Kepercayaan konsumen terhadap Tokopedia sebagai e-commerce pilihan mereka ini didorong oleh kualitas produk yang baik dan pengiriman yang aman. Di sisi lain, responden memilih Shopee karena harga yang terjangkau dan tersedianya promo gratis ongkos kirim, sedangkan Lazada dipilih karena pengiriman yang aman dan terpercaya, serta harga yang lebih terjangkau,” papar Indah.
Saat ini, menurut Indah, masyarakat Indonesia cenderung memilih berbelanja produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan melalui e-commerce. Pada era persaingan yang semakin ketat di dunia perdagangan online, kepercayaan menjadi faktor utama yang memengaruhi pilihan konsumen terhadap platform e-commerce yang mereka gunakan.
“Hal ini diperkuat dengan temuan kami yang mengungkap bahwa ketiga kategori ini, faktor pendorong yang dapat memicu kepuasan konsumen yakni platform yang dapat dipercaya dan diandalkan, barang yang berkualitas, pengiriman yang aman dan terpercaya, serta pengalaman belanja yang nyaman,” ucapnya. lp6/mb06