Minggu, Juni 22, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Survei: Masyarakat Masih Andalkan Gratis Ongkir

by matabanua
20 Agustus 2023
in Ekonomi & Bisnis
0
D:\2023\Agustus 2023\21 Agustus 2023\7\7\Foto hal Ekonomi  ( 21 agustus  )\hl 7 - 2 kllm (Bawah).jpg
(foto:mb/web)

JAKARTA – Di tengah kebijakan baru platform belanja online yang mulai mengenakan biaya jasa layanan, konsumen ternyata menempatkan program gratis ongkos kirim (ongkir) sebagai pertimbangan penting sebelum berbelanja di marketplace atau lokapasar.

Hal itu membuktikan masyarakat Indonesia masih cukup sensitif terhadap harga. Kemudian, sekitar 42,9 persen konsumen mengaku akan mengurangi pembelian di lokapasar karena adanya biaya jasa layanan aplikasi, demikian hasil survei platform omnichannel social commerce, SleekFlow, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Ahad.

Artikel Lainnya

Pegadaian Area Kalsel dan Tengah Catat Pertumbuhan Tertinggi Nasional di Tahun 2025

Pegadaian Area Kalsel dan Tengah Catat Pertumbuhan Tertinggi Nasional di Tahun 2025

21 Juni 2025
Inovasi Hidroponik Rumah BUMN Pertamina

Inovasi Hidroponik Rumah BUMN Pertamina

20 Juni 2025
Load More

Lapasar mulai mengenakan biaya jasa layanan kepada pengguna dalam besaran antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000 pada setiap transaksi. Selain itu, sejak kuartal pertama 2023, platform juga menaikkan komisi yang dikenakan kepada penjual dari 1-4 persen menjadi 5-6 persen.

SleekFlow melakukan survei dengan melibatkan 105 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan latar belakang beragam, seperti berada di usia produktif dengan status sebagai pekerja penuh waktu. Mereka terdiri atas 62,9 persen perempuan dan pria 37,1 persen pria.

Survei itu menunjukkan konsumen sekarang lebih kritis dalam bertransaksi dan merespons kenaikan harga. Untuk itu, bisnis perlu beradaptasi dengan diversifikasi kehadiran tidak hanya di lokapasar, tapi juga kanal lainnya seperti Whatsapp, media sosial, dan website sendiri atau optimalisasi omnichannel.

Selain itu, studi SleekFlow kali ini juga membuktikan bahwa 91,43 persen konsumen yang menggunakan marketplace cenderung membeli produk yang dibutuhkan tanpa memikirkan apakah itu toko yang sama atau tidak.

Bahkan, 43 persen konsumen akan memilih cari toko baru yang menjual produk serupa jika toko yang pernah jadi tempat dia berbelanja tidak ada lagi di marketplace. Lalu, 29 persen pelanggan memilih mungkin berbelanja di platform lain.

Dengan perilaku konsumen itu, pebisnis online yang hanya fokus di satu platform akan kesulitan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Untuk itu, pebisnis online perlu mengoptimalkan keberadaan bisnisnya di berbagai platform, seperti memanfaatkan media sosial, website, hingga aplikasi pesan instan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Regional GM ASEAN SleekFlow Asnawi Jufrie menyatakan, konsep omnichannel menjadi kunci sebuah bisnis memberikan pengalaman kepada konsumenecara konsisten. Seperti, konsumen bisa menemukan produk di website, bertanya lebih detail di Whatsapp, hingga akhirnya menciptakan transaksi.

“Tidak mungkin pelanggan berinteraksi dengan sebuah bisnis hanya melalui satu channel. Pendekatan omnichannel dapat menjadi solusi untuk menyediakan customer experience terbaik,” kata Asnawi.

Untuk mendukung transformasi UMKM agar bisa memanfaatkan omnichannel dalam bisnisnya, SleekFlow sebagai platform social commerce menyediakan produk yang membantu pengalaman konsumen. Seperti, melakukan percakapan dengan konsumen via Whatsapp, SMS, Facebook, Instagram, live chat di website, dan berbagai aplikasi jejaring sosial serta aplikasi instan. ant/mb06

 

 

Tags: Belanja onlineGratis Ongkir
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA