Mata Banua Online
Senin, November 10, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Disdamkarmat Selalu Sigap Layani Permintaan Masyarakat

by Mata Banua
9 November 2025
in Banjarmasin
0
D:\2025\November 2025\10 November 2025\5\hal 5\hal 5\Hendro.jpg
HENDRO. (foto:mb/ist)

BANJARMASIN – Berbagai laporan random diterima Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota Banjarmasin namun dinas ini selalu melayani dengan sigap dan tulus.

Diungkapkan Kepala Disdamkarmat Kota BanjarmasinHendro, laporan yang masuk itu mulai dari yang paling biasa hingga di luar nalar.

Berita Lainnya

D:\2025\November 2025\10 November 2025\2\ssac.jpg

Deddy Prioritaskan Peningkatan Infrastruktur dan Pendidikan

9 November 2025
D:\2025\November 2025\10 November 2025\5\hal 5\hal 5\csaa.jpg

PemkoDampingi Puluhan Pelaku Ekraf Daftar HKI

9 November 2025

“Kami pernah dapat telpon ibu kos minta pasangkan lampu. Kemudian anak kos minta pasangkan tabung gas dan laporan biasa lainnya yang sebenarnya bisa ditangani sendiri,” ujar Hendro.

Bahkan laporan di luar nalar yang diterima, seperti menangani orang kesurupan. Meski laporan di luar jalur namun personel damkar tetap melayani.

“Kami sudah sampaikan kalau soal ini panggil ustadz. Namun menurut pelapor iblis itu dari api jadi musuhnya damkar untuk minta tolong disembur air,” kata Hendro.

Ada juga laporan yang bukan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dinasnya pun turut masuk. Misalnya laporan perkelahian antara suami istri hingga penangkapan maling.

“Ada yang datang langsung ke kantor minta uang untuk pulang ke kota asalnya dengan alasan kehabisan ongkos, dan itu kami bantu serta arahkan ke dinas sosial,” jelasnya.

Sejauh ini, menurut Hendro, setiap laporan yang masuk meskipun di luar tupoksi pihaknya berusaha untuk datang langsung ke lokasi pelapor.

“Setiap laporan itu pasti kami datang dan kami jelaskan. Misalnya perkelahian suami istri itu kami arahkan ke KUA atau kalau sudah membahayakan bisa langsung ke kepolisian. Sama halnya penangkapan maling, kami bantu laporkan ke polisi,” jelasnya.

Menurutnya banyaknya laporan masuk ke Damkar ini tidak membuat pihaknya keberatan. Bahkan ia senang karena hal itu menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat hingga melaporkan semua permasalahan kepada Disdamkarmat Kota Banjarmasin.

“Tapi kami tetap imbau masyarakat, kalau laporan biasa seperti memasang lampu dan gas tadi ditangani sendiri saja dulu,” ujarnya.

Ia menegaskan, setiap laporan masuk dan ditangani pihaknya, gratis tanpa dipungut biaya apa pun, karena ini sudah merupakan tugas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Di samping itu, pihaknya terus standby untuk menerima laporan musibah kebakaran yang menjadi tugas utama. via

 

Mata Banua Online

© 2025 PT. Cahaya Media Utama

  • S0P Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper