Mata Banua Online
Jumat, Oktober 3, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Pemkab Kotabaru Dorong Layanan Publik Responsif

by matabanua
2 Oktober 2025
in Kotabaru
0
Asisten Administrasi Umum Setdakab Kotabaru Slamet Riyadi saat membuka Bimtek SP4N-Lapor, Kamis (2/10).

KOTABARU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru melalui badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia (BKPSDM) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Lapor, Kamis (2/10).

Bimtek yang dibuka Asisten Administrasi Umum Setdakab Kotabaru Slamet Riyadi SPd MEd ini di ikuti admin pengelola pengaduan dari seluruh SKPD dan kecamatan.

Berita Lainnya

Pemkab Kotabaru Siapkan Penilaian Adipura 2025

Pemkab Kotabaru Siapkan Penilaian Adipura 2025

3 Oktober 2025
Pemkab Gelar Tabligh Akbar Bersama Habib Mustofa Al Haddar

Pemkab Gelar Tabligh Akbar Bersama Habib Mustofa Al Haddar

2 Oktober 2025

Dalam sambutannya, Slamet Riyadi menekankan bahwa SP4N-Lapor bukan sekadar inovasi teknologi, tetapi juga bagian dari implementasi strategi transformasi tata kelola pemerintahan menuju birokrasi yang transparan, bersih, dan responsif.

“Momentum ini penting untuk memperkuat budaya melayani. Melayani bukan hanya kewajiban birokrasi, tetapi panggilan hati dalam membangun Kotabaru yang terbuka dan dipercaya masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia Saubari menjelaskan, tujuan bimtek untuk meningkatkan kapasitas aparatur daerah dalam menangani laporan masyarakat agar lebih cepat, tepat, dan transparan.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yakni Asisten Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Maulana Achmadi dan Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Diskominfo Provinsi Kalsel Chairun Ni’mah SS MAP.

Keduanya membahas strategi pencegahan maladministrasi serta pengelolaan pengaduan berbasis media sosial agar laporan masyarakat dapat segera ditindaklanjuti.

Melalui SP4N-Lapor, masyarakat dapat menyampaikan keluhan, saran, maupun ide lewat kanal resmi, seperti aplikasi, email, maupun media sosial. Aduan yang masuk, mulai dari layanan publik berbelit, jalan rusak, hingga kebutuhan informasi penting, akan diteruskan ke instansi terkait.

Program ini juga sejalan dengan inisiatif ‘Kotabaru Mendengar’ yang segera diluncurkan. Program tersebut akan menjadi wadah partisipasi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi secara mudah, cepat, dan terarah, sekaligus memperkuat komitmen pemkab dalam implementasi strategi transformasi tata kelola yang adaptif dan berorientasi pelayanan. nia

 

Mata Banua Online

© 2025 PT. Cahaya Media Utama

  • S0P Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper