JAKARTA – Himpunan Peritel dan Penyewa Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) bakal memberikan diskon belanja 79 persen pada HUT ke-79 Indonesia pada 17 Agustus 2024.
Ketua Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan ada 800 merek (brand) dari peritel yang akan meramaikan pesta diskon ini. Gelaran sale tersebut dinamakan Hari Belanja Diskon (HBD) Indonesia 2024.
“Akan mulai 17 Agustus (2024), akan ada konsep 17-an, sale satu hari saja. Akan diberikan diskon 79 persen sesuai ulang tahun Indonesia,” kata Budihardjo dalam Konferensi Pers Indonesia Retail Summit & HBD Indonesia 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat.
Ia menekankan konsep yang diusung sesuai HUT Indonesia ke-79, yakni berkaitan dengan angka 7 dan 9. Selain diskon 79 persen, ada juga produk yang dihargai Rp7.900 atau diskon 7 persen plus 9 persen.
Bos Hippindo itu menegaskan HBDI merupakan event tahunan yang menjadi milik bangsa. Pesta diskon di toko-toko ritel tersebut sudah digelar sejak 2017 lalu.
“Mereka perlu punya payung, itu (HBDI) gak bisa dibilang milik satu asosiasi, ini milik semua. Jadi, kalau anggota kami ada 800 brand, pasti ada diskon 17 (Agustus),” jelasnya selepas acara.
“Online juga kita lakukan, yang jualan online ada diskon. Hammer jualan online, Buccheri, FunWorld diskon,” tegas Budi.
Ia mengatakan Hari Belanja Diskon Indonesia setiap Agustus menjadi berkah tersendiri untuk peritel. Pasalnya, selama ini bulan kedelapan itu selalu menjadi momen sepi penjualan.
Bahkan, Budi mengklaim Bank Indonesia (BI) mencatat ada uang beredar yang naik berkat gelaran ini. Uang beredar alias perputaran uang naik sekitar 2 persen-3 persen.
Budihardjo juga menyinggung soal Indonesia Ritel Summit (IRS) yang bakal dihelat 28 Agustus-29 Agustus 2024 mendatang di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK). Ia menyebut bakal hadir pembicara elas dunia dan pengusaha ritel internasional.
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim turut mengapresiasi program HBD Indonesia 2024.
“Kegiatan HBDI di pusat perbelanjaan, baik offline maupun online di marketplace seluruh Indonesia, diharapkan akan mampu menggerakkan daya beli masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional,” jelas Isy yang hadir dalam acara tersebut.
“Momen ini merupakan kesempatan emas bagi Hippindo dan pelaku usaha lain di sektor riil, kuliner, dan entertainment untuk menggali potensi pasar secara maksimal,” imbuhnya. cnn/mb06