Senin, Juli 14, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

RSUD Ulin Tingkatkan Kualitas Layanan Masyarakat

by Mata Banua
21 Juli 2024
in Banjarmasin, Kotaku
0
D:\2024\Juli 2024\20 Juli 2024\5\Gedung rumah sakit umum ulin.jpg
GEDUNG Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Foto:dok/ant)

 

BANJARMASIN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Saat ini, RSUD Ulin Banjarmasin telah mengambil langkah signifikan untuk memperbaiki pelayanan terutama pada antrean rawat jalan yang dapat mengganggu kenyamanan dan efisiensi pelayanan bagi pasien.

Artikel Lainnya

Walikota Membuka Festival Manopeng Banyiur

Walikota Membuka Festival Manopeng Banyiur

13 Juli 2025
Polda Kalsel Gandeng Komusitas Jalanan

Polda Kalsel Gandeng Komusitas Jalanan

13 Juli 2025
Load More

“Untuk mengatasi hal tersebut, kami telah melakukan berbagai langkah strategis untuk mengurangi waktu tunggu pasien yaitu dengan disediakannya anjungan pendaftaran di setiap lantai pelayanan poliklinik,” ucap Direktur RSUD Ulin Banjarmasin dr. Diauddin M.Kes di Banjarmasin, Sabtu.

Diauddin mengatakan anjungan pendaftaran itu dirancang untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pasien saat melakukan proses pendaftaran.

Selain itu, keberadaan anjungan pendaftaran di setiap lantai pelayanan, diharapkan dapat mengoptimalkan dan mengurangi waktu tunggu pasien saat mendaftar dan terhindar dari pungutan liar (pungli).

RSUD Ulin Banjarmasin juga telah membuat sistem pendaftaran secara daring atau online, di mana pasien atau keluarga pasien dapat mendaftar secara mandiri.

Melalui inovasi tersebut, RSUD Ulin Banjarmasin berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan menambah fasilitas seperti fasilitas kapasitas ruang tunggu farmasi rawat jalan.

Selanjutnya, rumah sakit tersebut juga membuat sistem layanan terintegrasi dengan BPJS Kesehatan melalui SIMRS. Kemudian menambah fasilitas parkir untuk pasien dan keluarga dengan memperluas area parkir hingga sampai ke samping Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Untuk memaksimalkan pelayanan, rumah sakit juga melebarkan ruang tindakan pasien IGD karena masih kurangnya ruang rawat.

“Rencana kami menambah ruang HCU di ruang mawar untuk pasien dengan tingkat kegawatan tanpa perlu intubasi, selain itu juga melakukan skrining pasien risiko jatuh,” ucapnya.

RSUD Ulin Banjarmasin juga menjaga akses masuk agar lebih ditingkatkan demi keamanan pasien, dan penunggu pasien dengan cara wajib lapor dengan menggunakan ID Card.

Dari semua terobosan tersebut, RSUD Ulin Banjarmasin terus berinovasi yang dilaksanakan adalah lanjutan dari kompetisi inovasi 2023 dan tahun sebelumnya.

Untuk inovasi yang masih berjalan sampai saat ini, seperti Si Susan Rakat (sistem survei kepuasan masyarakat) 2022, E.PO (elektronik bagian perencanaan dan organisasi) 2023, Si WALUD (sistem pendataan pegawai BLUD) 2022, SI WALUH (alat bantu drainage pasien bedah dengan cedera paru) 2022.

Selanjutnya, inovasi BiRD (Babies Respiratory Distress Recovery Device) 2016, SI Kandal (sistem kelistrikan yg handal) 2018.

“Kami berharap dengan adanya inovasi ini, RSUD Ulin Banjarmasin dapat memberikan pelayanan prima sesuai standar Kemenpan,” tuturnya.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin kembali mengatakan melalui pelayanan paripurna sesuai standar Kemenkes, menjadikan RSUD Ulin menjadi pusat belajar RS lain yg mau mereplikasi inovasi, meningkatnya kepuasan pasien dan masyarakat sebagai pengguna layanan.

Dengan adanya jenis-jenis pelayanan berdasarkan layanan prioritas yang telah ditetapkan oleh Kemenkes, mendorong SDM rumah sakit tersebut meningkatkan kompetensinya melalui pendidikan/fellowship, dan membuat alur pelayanan menjadi sederhana dan mudah.

RSUD Ulin juga memajukan pelayanan kesehatan dengan teknologi dalam bidang medis. Secara terus-menerus meningkatkan peralatan kesehatan canggih guna memastikan pasien mendapatkan perawatan terbaik dan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih paripurna.

Saat ini, kata Diauddin, RSUD Ulin Banjarmasin sudah dapat melakukan tindakan, antara lain Kateterisasi Jantung (pasang Ring), Kateterisasi Otak (untuk pasien stroke) dan Laser Holmium (laser batu ginjal).

Diauddin juga menerangkan dengan memperbarui dan memperluas inventaris alat kesehatan, RSUD Ulin Banjarmasin bertekad untuk tetap menjadi salah satu Rumah Sakit milik pemerintah daerah penyedia layanan kesehatan terdepan di Kalimantan Selatan. ant

 

 

Tags: Direktur RSUD Ulin Banjarmasindr. Diauddin M.KesRSUD ulin
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA