
BANJARMASIN – Pascalibur panjang lebaran 1445 Hijriah, Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor sidak langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Perhubungan Banjarmasin, Rabu (17/4).
Arifin mengatakan kunjungan tersebut selain sebagai silaturahmi pasca lebaran, juga sebagai evaluasi pelayanan publik yang selama ini di lakukan.
“Seperti di Disdukcapil ini kita ingin tahu bagaimana pelayanannya pasca lebaran dan Alhamdulillah pelayanan baik,” ujarnya.
Menurutnya, tingkat pengunjung yang berurusan langsung ke kantor Disdukcapil sudah bisa dikendalikan sehingga tidak berjubel atau menumpuk. Hal itu bisa dikatakan bahwa masyarakat sudah mengenal dan memahami pelayanan online yakni parak acil online yang dibuka Disdikcapil.
“Ini sebuah inovasi dari Dukcapil yang sangat membantu masyarakat kita,” katanya.
Arifin juga mengatakan, dengan kunjungan ke dinas pelayanan publik itu diharapkan dapat memberi motivasi kinerja yang baik bagi pegawainya.
Sementara, Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin, Yusna Irawan mengatakan, sejak adanya aplikasi parak acil online. Tingkat kunjungan masyarakat yang berurusan langsung ke kantornya di jalan Sultan Adam berangsur – angsur bisa dikendalikan.
“Ini karena pelayanan yang bisa dilakukan secara online yang lebih banyak dimanfaatkan masyarakat,” ucapnya.
Meski demikian, pihaknya masih memberikan pelayanan secara offline atau pelayanan langsung ke masyarakat. “ Karena tidak semuanya yang mengerti bagaimana penggunaan aplikasi online atau tidak semua yang memiliki hape android sehingga lebih memilih datang langsung ke kantor capil ini,” jelasnya. via