Mata Banua Online
Senin, Desember 22, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Pelindo Pastikan Layanan Pelabuhan Tetap Prima

by Mata Banua
22 Desember 2025
in Ekonomi & Bisnis
0

 

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Kalimantan mencatat kinerja positif arus penumpang angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode H-15 hingga H-4 Natal 2025 aman.rds

BANJARMASIN — PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Subregional Kalimantan mencatat kinerja positif arus penumpang angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode H-15 hingga H-4 Natal 2025. Berdasarkan data kumulatif, total pergerakan penumpang di seluruh cabang wilayah kerja mencapai 25.462 orang, atau tumbuh 2 persen (year on year) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 24.999 orang.

Berita Lainnya

G:\2025\Desember 2025\23 Desember 2025\7\7\hal 7 - 2 klm (Bawah).JPG

Realiasi Belanja APBN di Kalsel Capai Rp36,89 Triliun

22 Desember 2025
G:\2025\Desember 2025\23 Desember 2025\7\7\master 7.jpg

Harga Emas Antam Tembus Rp2,5 Juta per Gram

22 Desember 2025

Peningkatan tersebut mencerminkan tingginya mobilitas masyarakat pada momentum libur akhir tahun, sekaligus menunjukkan kesiapan layanan kepelabuhanan Pelindo dalam mendukung kelancaran arus penumpang di wilayah Kalimantan.

Secara rinci, pertumbuhan signifikan tercatat di Batulicin dengan total 2.695 penumpang, meningkat 31 persen (YoY).

Trisakti Banjarmasin juga menunjukkan tren positif dengan total 8.310 penumpang, tumbuh 5 persen (YoY).

Sementara itu, Kumai mencatat 10.888 penumpang, Sampit 2.481 penumpang, dan Kotabaru 1.088 penumpang. Secara agregat, Pelindo Subregional Kalimantan tetap membukukan pertumbuhan positif.

Junior Manager Umum dan Humas Pelindo Regional 3 Subregional Kalimantan, Suprayogi Sumarkan, menyampaikan bahwa sejak awal Desember pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipatif untuk memastikan kelancaran layanan selama periode Nataru.

“Kami mempersiapkan seluruh aspek layanan secara menyeluruh, mulai dari kesiapan fasilitas terminal penumpang, pengaturan operasional sandar kapal, hingga penguatan pengamanan dan pelayanan di lapangan. Tujuannya agar masyarakat dapat melakukan perjalanan laut dengan aman, nyaman, dan lancar selama periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026,” ujar Suprayogi di Banjarmasin,Senin (22/12).

Ia menambahkan, kesiapan fasilitas terminal menjadi perhatian utama, antara lain peningkatan kenyamanan ruang tunggu, penataan area check-in, penyediaan fasilitas ramah disabilitas, ruang laktasi, area bermain anak, serta kelengkapan keselamatan seperti APAR dan jalur evakuasi.

Sejumlah terminal penumpang juga telah menerapkan auto gate untuk kendaraan dan penumpang guna mempercepat serta menertibkan arus keluar–masuk pelabuhan.

Pelindo Regional 3 Subregional Kalimantan berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan kepelabuhanan yang prima dan berkelanjutan, sekaligus mendukung kelancaran konektivitas transportasi laut di Kalimantan, khususnya pada periode dengan intensitas pergerakan penumpang yang tinggi.rds

 

Mata Banua Online

© 2025 PT. Cahaya Media Utama

  • S0P Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper