
BANJARMASIN – Pelindo Regional 3 Subregional Kalimantan mengoptimalkan kesiapan menghadapi layanan angkutan penumpang kapal laut jelang periode libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).
“Kami memastikan seluruh terminal penumpang dalam kondisi siap melayani lonjakan aktivitas penumpang maupun kapal,” ucap Junior Manager Umum dan Humas Pelindo Regional 3 Subregional Kalimantan Suprayogi Sumarkan, Rabu (10/12).
Ia mengatakan, berbagai aspek kesiapan telah dipastikan berjalan optimal mulai dari fasilitas terminal, kesiapan operasional, hingga penguatan sistem pengendalian layanan berbasis teknologi.
Ia menyebutkan, seluruh tim di lapangan di instruksikan untuk memastikan layanan berjalan lebih cepat, aman, dan nyaman dengan standar operasi yang telah ditingkatkan khusus untuk periode nataru.
“Adapun kesiapan fasilitas terminal menjadi fokus utama, termasuk ruang tunggu yang lebih nyaman, area check-in yang diperluas, penambahan fasilitas disabilitas, ruang laktasi, area bermain anak, hingga kelengkapan keselamatan seperti APAR dan jalur evakuasi,” ujarnya.
Selain itu, lanjut dia, sebagian terminal penumpang kini telah menerapkan auto gate untuk kendaraan maupun penumpang, sehingga proses keluar dan masuk area pelabuhan menjadi lebih cepat, tertib, dan terpantau secara sistem.
Pelindo Regional 3 Subregional Kalimantan juga memastikan kebersihan terminal diperketat melalui penambahan tenaga kebersihan dan sistem pemantauan berkala di seluruh area pelayanan.
“Dari sisi operasional, seluruh pelabuhan telah menyiapkan operasi sandar kapal yang lebih efisien, termasuk penyesuaian jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal, kesiapan tugboat, pandu, serta peralatan operasional lainnya,” ungkapnya.
Suprayogi menyampaikan, jalur embarkasi dan debarkasi penumpang juga di atur lebih terstruktur untuk menghindari penumpukan dengan tambahan petugas pelayanan dan pengamanan.
“Untuk mendukung kelancaran logistik selama periode nataru, alur bongkar muat barang tetap terkontrol dengan baik tanpa mengganggu pergerakan penumpang. Pemisahan jalur logistik dan penumpang telah diterapkan di seluruh cabang guna menjaga keamanan dan kenyamanan,” katanya.
Ia menambahkan, seluruh proses pengendalian layanan terintegrasi dalam Plan and Control System yang memonitor kesiapan fasilitas, arus kapal, pergerakan penumpang, hingga respons cepat terhadap potensi gangguan layanan. Sistem ini menjadi pusat kendali untuk memastikan seluruh layanan berjalan sesuai standar operasi terbaik pelindo.
Suprayogi menyatakan, dengan kolaborasi seluruh unit dan dukungan semua unsur, pihaknya optimistis layanan angkutan laut nataru berlangsung lancar, aman, dan memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pengguna jasa. ant

