Mata Banua Online
Jumat, November 7, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Ananda Ajak ASN Perbaiki Etos Kerja

by Mata Banua
17 Juni 2025
in Banjarmasin, Kotaku
0

 

Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hj. Ananda memimpin Apel Kesadaran Nasional Korpri.(foto:mb/ist)

BANJARMASIN – Di tengah tantangan pelayanan publik dan sorotan terhadap birokrasi yang lamban, Pemerintah Kota Banjarmasin tidak tinggal diam. Lewat Apel Kesadaran Nasional Korpri yang digelar di halaman Balai Kota,Selasa (17/06) pagi

Berita Lainnya

D:\2025\November 2025\7 November 2025\5\hal 5\Dolly Syahbana.jpg

Inspektorat Tekankan ASN Jangan Korupsi Waktu

6 November 2025
D:\2025\November 2025\7 November 2025\5\hal 5\Edy wibowo.jpg

Dua Direksi PAM Bandarmasih Diberhentikan

6 November 2025

Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hj. Ananda, melontarkan pernyataan tegas yaitu .“Jangan hanya bekerja karena formalitas. ASN harus jadi teladan dalam melayani, bukan dilayani.,” ucapnya.

Pernyataan itu dilontarkan Ananda di hadapan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hadir. Ia tak sekadar menyapa atau memberi sambutan formal. Apel kali ini digunakan sebagai momentum membangunkan semangat ASN agar benar-benar hadir sebagai pelayan masyarakat, bukan sekadar pengisi meja kantor.

“Apel ini bukan rutinitas seremonial. Ini momen untuk menegaskan jati diri kita sebagai abdi negara. ASN harus bekerja dengan jujur, adaptif terhadap perubahan, dan berorientasi pada dampak nyata di masyarakat,” ujar Ananda.

Selama ini, tak sedikit masyarakat yang merasa pelayanan publik masih kaku, lamban, dan terkesan administratif belaka. Ananda menyadari betul persepsi itu dan meminta ASN Banjarmasin melakukan refleksi.

“Bekerjalah dengan hati. Jangan hanya sibuk dengan laporan. Ukur keberhasilan dari seberapa besar perubahan yang kita hadirkan bagi masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ananda mengajak dan menggarisbawahi bahwa ASN di era saat ini tidak bisa lagi bekerja dengan pola lama. Sebab perubahan sosial, digitalisasi, dan tuntutan publik membuat aparatur negara harus siap berinovasi.

“Kita tidak boleh nyaman dengan cara lama. ASN harus adaptif, kreatif, dan berani berubah. Jika tidak, pelayanan kita akan tertinggal dan kehilangan kepercayaan publik,” tegasnya.

Tak hanya bicara soal idealisme, ia juga menyentil pentingnya penguatan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel. Ia menyebut Korpri sebagai “tulang punggung pemerintah” yang harus menjadi garda terdepan dalam menjaga kualitas pelayanan publik dan reformasi birokrasi.

“ASN yang baik bukan hanya yang hadir di kantor, tapi yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Jadilah ASN yang bermakna dan berdampak,” pungkasnya.Via/rds

 

Mata Banua Online

© 2025 PT. Cahaya Media Utama

  • S0P Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper