Sabtu, Juli 12, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Diskominfo Berikan Bimtek Kepada Pelaku UMK Lokal

by Mata Banua
4 Desember 2024
in Advertorial, Tabalong
0
D:\2024\Desember 2024\5 Desember 2024\7\7\6.jpg
BIMTEK – Diskominfo memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemasaran Digital bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Lokal.(Foto:mb/ist)

 

TANJUNG – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten (Diskominfo) Tabalong menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemasaran Digital bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Lokal di Kabupaten Tabalong, Rabu (13/11), di Aula Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM).

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\11 Juli 2025\2\222\New Folder\Anggota Bukan Kategori Penerima Subsidi LPG 3 Kg.jpg

Kapolres: Anggota Bukan Kategori Penerima Subsidi LPG 3 Kg

10 Juli 2025
Pemkab Tabalong Teken MoU Bersama Universitas Pertamina

Pemkab Tabalong Teken MoU Bersama Universitas Pertamina

10 Juli 2025
Load More

Bimtek ini merupakan upaya Pemrintah dalam mendorong transformasi digital bagi pelaku UMK khususnya di wilayah Tabalong dan diikuti oleh puluhan pelaku UMK.

“Kami ingin memberikan pelatihan praktis dan panduan teknis agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital sebagai media pemasaran yang efektif,” kata Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Tabalong, Eddy Suriyani.

Menurut Eddy, pemasaran digital telah menjadi salah satu faktor penting bagi keberhasilan usaha, terutama dalam dunia bisnis yang sangat dinamis seperti sekarang.

“Melalui platform digital, pelaku UMK memiliki kesempatan yang sangat terbuka untuk menjangkau lebih banyak konsumen, baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional, bahkan hingga global,” katanya.

Meskipun menggiurkan dan mejanjikan, tidak semua pelaku UMK memiliki pengetahuan yang memadai tentang strategi pemasaran online atau digital.

“Masih banyak pelaku usaha yang bingung dala menggunakan berbagai platform digital yang biasa disebut gaptek (gagap teknologi), adapun yang sudah tidak gaptek tetapi belum memahami strategi yang tepat untuk melakukan pemasaran,” jelasnya.

Pemasaran digital bukan sekadar untuk mempromosikan produk agar dikenal, tetapi juga dapat menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan konsumen, memahami preferensi mereka, serta memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih berkualitas.

Oleh karena itu Eddy berharap ilmu serta keterampilan yang diperoleh dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha mengenai cara memanfaatkan media sosial, marketplace, dan internet sebagai sarana pemasaran.

“Kami percaya bahwa dengan meningkatkan kemampuan pemasaran digital, pelaku UMK kita akan semakin kompetitif dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid Pengembangan Kota Cerdas Diskominfo Tabalong, Hj Ruzaida Fitriani mengatakan, kegitan ini juga bertujuan untuk mendukung pengembangan Smart City.

“Selain meningkatkan wawasan dan memaksimalkan pengetahuan pelaku UMK lokal, juga untuk memperkuat dimensi smart economy untuk mendukung pengembangan Smart City di Kabupaten Tabalong,” tuturnya.

Pihaknya akan terus mendukung dan berupaya untuk menguatkan ekonomi cerdas terutama bahi para pelaku usaha lokal guna mendukung Tabalong sebagai Kabupaten Smart City.

“Kami akan terus berupaya melakukan penguatan-penguatan ekonomi cerdas kepada pelaku usaha lokal guna mendukung Tabalong sebagai Smart City,” tandasnya.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah berkolaborasi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) untuk membuka layanan produk UMK lokal.

“Kolaborasi Diskominfo dengan DKUPP serta PLUT KUMKM Kabupaten Tabalong, membuka Layanan Pendaftaran Produk dn Katalog Promosi Produk UMK Lokal Online,” katanya.

Layanan Pendaftaran Produk Lokal Online dapat diakses oleh pelaku usaha melalui scan barcode atau mengklik link https://bit.ly/PendaftaranProdukLokal. Sedangkan untuk melihat Katalog Promosi Produk Lokal dapat dilakukan dengan mengakses https://bit.ly/KatalogPromosiProdukLokal. (*)

 

ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA