Rabu, Agustus 20, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Petugas PAM Patroli Malam Telusuri Titik Kebocoran

by Mata Banua
11 Juli 2024
in Banjarmasin, Kotaku
0
D:\2024\Juli 2024\12 Juli 2024\5\Petugas NRW PAM Bandarmasih menerangi pipa-pipa distribusi air.jpg
PETUGAS NRW PAM Bandarmasih menerangi pipa distribusi air untuk mencari titik-titik kebocoran air.(foto:mb/ ist)

 

BANJARMASIN – PT Air Minum Bandarmasih atau PAM Bandarmasin berupaya melakukan percepatan dalam mengatasi kehilangan air dengan cara patroli keliling. Petugas NRW (Non Revenue Water) PAM Bandarmasih bahkan dikerahkan untuk patroli pada malam hari demi pencarian titik kebocoran.

Artikel Lainnya

D:\2025\Agustus 2025\20 Agustus 2025\5\hal 5\H Edy Wibowo.jpg

BPKPAD Hitung Pajak dan Tunggakan Gerai Mie Gacoan

19 Agustus 2025
D:\2025\Agustus 2025\20 Agustus 2025\5\hal 5\Prosesi pelantikan dan penandatangan tugas dan kewajiban Bunda PAUD.jpg

Bunda PAUD se-Kota Banjarmasin Dilantik

19 Agustus 2025
Load More

Manager NRW PAM Bandarmasih, Helmi Anshary menjelaskan, patroli dilakukan dengan menyusuri jalur pipa berdasarkan peta pipa yang telah dikantonginya. Diketahui, saat ini kebocoran di PAM Bandarmasih masih melebihi dari batas nasional 25 persen.

“Berdasar hasil audit kinerja 2023, angka NRW masih di angka 28,87 persen, cukup tinggi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan patroli sengaja di malam hari, di saat tekanan air dalam pipa lebih tinggi karena banyak pelanggan tidak memakai air. Dengan tekanan yang tinggi, kebocoran bisa terlihat sampai ke atas permukaan tanah. “Saat siang hari pelanggan memakai air bersamaan sehingga tekanan air dalam pipa itu kecil dan kebocoran tidak sampai ke permukaan tanah sehingga kurang efektif,” jelas Helmi.

Untuk patroli ini para petugas lapangan telah dilatih agar aktif berkomunikasi dengan warga sekitar. “Sehingga petugas juga lebih mudah berkomunikasi dengan warga mendapatkan informasi yang efektif,” katanya.

Helmi juga menjelaskan, jika indikasi kebocoran ada di dalam kompleks, petugas meminta izin langsung pada security. Namun, jika di dalam perumahan yang bersifat perkampungan akan lebih sulit jika harus mencari RT terkait.

“Ada istilah DMA atau Distrik Meter Area yang biasanya terdiri dari beberapa RT, sehingga akan kesulitan jika kami mendatangi RT-RT terkait. Biasanya kami izin sekaligus menginformasikan pada warga yang kami temui di pos ronda ataupun yang berpapasan di jalan sekitar lokasi,” jelasnya.

Dia berharap kepada pelanggan apabila memiliki kecurigaan dengan petugas bisa langsung minta diperlihatkan surat tugas yang bersangkutan. Petugas lapangan pastinya memakai rompi dan surat tugas. Jika masih ragu, minta lihat surat tugasnya, jika masih belum meyakinkan bisa langsung hubungi Call Center 24 PAM Bandarmasih 05113252541.

“Kami berharap peran aktif pelanggan untuk memberikan laporan terkait macet air karena bisa jadi disebabkan oleh kebocoran, “ucapnya. via

 

 

Tags: Helmi AnsharyManager NRW PAM BandarmasihPT Air Minum Bandarmasih
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA