
AMUNTAI – Dari survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Rumah Sakit Umum Daerah Pambalah Batung (RSUD PB) Amuntai mendapatkan Predikat Baik dengan nilai 85,02 persen pada survei Desember tahun 2023.
Jika di bandingkan dengan tahun 2022, IKM RSUD PB Amuntai memperoleh kenaikan dari nilai 83,3 persen menjadi 85,02 persen.
Diketahui, jumlah responden untuk memberikan penilaian IKM ada 377 pengguna layanan, yakni laki-laki 214 orang (56,76 %) dan perempuan 163 orang (43,24%), dengan rincian usia 15 hingga 25 tahun 45 orang (11,94%), 26 hingga 35 tahun 201 orang (53,32%), 36 hingga 50 tahun 119 orang (31,56%), dan 50 tahun 12 orang (3,18%).
Plt Direktur RSUD PB Amuntai Farida Evana SFarm Apt MM mengatakan, dalam upaya meningkatkan pelayanan, pihaknya melaksanakan survei IKM dengan tujuan untuk menciptakan pelayanan publik yang profesional.
“Artinya pelayanan publik yang mempunyai kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan rumah sakit, menilai responsif petugas dalam memberikan pelayanan pada pasien, karena lama waktu tunggu pasien akan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan,” ujarnya.
Menurutnya, survei ini sebagai ajang evaluasi tentang kecepatan pelayanan di waktu pelayanan. Penilaian terhadap kualitas pelayanan tidak dapat lepas dari kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan serta penyediaan fasilitas penunjang.
“Berdasarkan hasil survei IKM, dapat disimpulkan secara umum pelayanan pada masyarakat yang diberikan telah dilaksanakan dengan sangat baik. Meski begitu, hasil survei ini bukan untuk berpuas diri dengan nilai yang telah dicapai. Saya melihat survei ini sebagai ruang bagi masyarakat atau pasien memberikan saran maupun kritik demi kemajuan rumah sakit daerah,” katanya
Ia berharap, survei IKM ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan di tahun-tahun mendatang, sehingga pihak RSUD PB Amuntai dapat melakukan perbaikan dan meningkatkan mutu pelayanan.
“Terima kasih atas penilaian yang diberikan masyarakat HSU. Saya yakin masukan dari responden sangat bermanfaat bagi kemajuan rumah sakit agar terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan masyarakat,” pungkasnya. suf