
BANJARMASIN – PAM Bandarmasih sigap menindaklanjuti kebocoran Pipa PVC Diameter 630 mm, di Jalan A Yani Km 2,5, tepatnya di depan Bintang Variasi, Senin (18/3).
Kebocoran tersebut mengakibatkan seluruh wilayah Banjarmasin Barat, dan sebagian wilayah Banjarmasin Tengah mengalami penurunan tekanan hingga mati total.
Direktur Operasional (Dirops) PAM Bandarmasih, Edwarsyah mengatakan, untuk saat ini tim sudah dilapangan untuk menindaklanjuti kebocoran tersebut. “Jadi tim langsung ke lapangan menggali manual untuk melakukan pencarian titik kebocorannya,” ujarnya.
Menurutnya, kebocoran ini menimbulkan dampak yang luar biasa, karena di titik lokasi yang bocor, airnya sampai meluber ke permukaan jalan. “Makanya saat dilakukan pengerjaan perbaikan pompa distribusi air dimatikan terlebih dahulu, untuk menghindari insiden bagi pengendara yang melintas dan kehilangan air dan tekanan,” jelasnya.
Edwarsyah menuturkan, kebocoran bisa jadi disebabkan tingginya tekanan pipa, mengingat saat ini sedang dalam bulan puasa dilakukan peningkatan debit air bersih.
“Akibat tekanan tinggi, berdampak kepada pipa yang ada menjadi bocor. Karena pipa yang ada ini usianya sudah cukup tua, sehingga rentan terjadinya kebocoran,” jelasnya
Di sisi lain kondisi tanah yang labil, dan tekanan dari kendaraan berat yang melintas juga mempengaruhi atau berkontribusi memberikan tekanan hingga menyebabkan kebocoran saat ini.
Edward mengatakan, untuk proses perbaikan saat ini terkendala dengan kondisi permukaan jalan yang terbuat dari cor beton, air pasang, dan juga pohon yang tepat berada di dekan lokasi kebocoran.
“Ini akan memerlukan waktu untuk melakukan penggalian dan pencarian titik pipa yang bocor,” ungkap Dirops
Kendati demikian, lanjutnya, pihaknya berupaya melakukan percepatan perbaikan di titik kebocoran.
“Kita berupaya dan menargetkan sebelum jam puncak pada sahur nanti untuk pengerjaan bisa selesai. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan halangan selama proses perbaikan nantinya,” tuturnya
Terlebih lagi dibulan puasa ini, jangan sampai kegiatan pelanggan seperti sahur itu terganggu. “ Upaya kita agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat, agar aktifitas pelanggan bisa berjalan lancar,” lanjutnya.
Atas insiden ini, pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanan ini, dan kiraya pelanggan bisa memakluminya dan siap menyalurkan air tangki jika ada yang memerlukannya. via