
BANJARMASIN – Proses pergantian pipa baru di kawasan Jalan HKSN, Kecamatan Banjarmasin Utara rampung. Pergantian pipa tersebut untuk meningkatkan pelayanan distribusi air bersih kepada pelanggan yang ada di kawasan Alalak, Kecamatan Banjarmasin Utara.
Sebelum pergantian pipa tersebut, distribusi air bersih terbilang tidak optimal karena kurangnya tekanan.
Direktur Operasional (Dirops) PAM Bandarmasih, Edwarsyah mengungkapkan, pasca pergantian pipa tersebut, untuk pendistribusian air bersih kepada pelanggan saat ini sudah mengalami peningkatan.
“Dari data hasil pemeriksaan kita di lapangan, daerah yang menjadi sasaran kita sudah mulai mengalami peningkatan,” katanya.
Hasil dari pergantian pipa, paparnya, dari segi tekanan distribusi sekarang sudah mengalami peningkatan hingga ke ujung jaringan yang ada di kawasan tersebut.
“Sekarang airnya sudah relatif mengalir 24 jam, dan pelanggan yang menggunakan pompa air juga sudah mulai berkurang. Dimana sebelumnya, untuk di ujung jaringan itu untuk tekanan itu hanya sampai 0,9 Bar, setelah pergantian pipa sekarang menjadi 0,2-0,3 Bar tekanan di sana,” ujarnya.
Selain itu, kehilangan tekanan berkurang dan dapat menambah kuantitas pendistribusian air di sana,” sambungnya.
Untuk tingkat kehilangan air di kawasan tersebut juga sudah mengalami penurunan, sehingga pelayanan terhadap pelanggan bisa lebih meningkat.
“Secara umum yang biasanya kita mendistribusikan ke sana itu sebanyak 680 meter kubik per jam, sekarang menjadi 640 meter kubik per jam. Artinya tingkat kehilangan airnya sudah bisa kita kurangi,” jelas Edwarsyah.
Untuk memaksimalkan pelayanan di kawasan tersebut, saat ini pihaknya juga melakukan pemasangan pipa baru di kawasan Jalan Perdagangan Banjarmasin Utara.
“Di kawasan itu akan kita pasang pipa ukuran 160 mm dan 90 mm, yang nantinya akan membantu meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan yang ada di sana,” tuturnya.
“Ini merupakan bagian dari rangkaian upaya PAM Bandarmasih untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggan, terutama dari sisi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas,” pungkasnya.
Sementara, warga RT 01, Alalak Tengah, Siti Aminah mengatakan, kalau saat ini distribusi air sudah lancar.
“Alhamdulillah, sekarang air PDAM sudah mulai membaik dan lancar,” ujar Aminah.
Menurutnya, dia tak begadang lagi untuk menjaga air jalan karena air mengalir 24 jam.
Senada, seorang warga RT 06, Alalak Selatan, Diana mengungkapkan, saat ini air sudah lancar. “Airnya lancar walaupun tidak menggunakan mesin pompa air,” katanya. via