
BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina meresmikan Layanan Call Center Panggilan Darurat 112 Banjarmasin, dan langsung melakukan simulasi panggilan cepat tersebut di Aula Kayuh Baimbai, Kamis (1/2).
“Hari ini kita bersyukur, kita sudah melaunching layanan darurat call center 112. Jadi nomor untuk Kota Banjarmasin semua terintergrasi di call center kita ini, dan ini support kepada semua pihak terkait,” ujar H Ibnu Sina.
Menurutnya, dengan adanya call center 112 diharapkan dapat mengatasi keadaan darurat yang ada di Kota Banjarmasin.
“Layanan ini bisa dioperasikan terutama damkar jika terjadi kebakaran, penyelamatan kecelakaan, serta terkait dengan binatang buas atau ular di rumah, kecelakan. Bisa pula warga melapor ke 112 jika terjadi kekerasan dalam rumah tangga. Layanan ini terintergrasi di call center kita 24 jam gratis,” bebernya.
Meski layanan ini siaga dan mengutamakan respons cepat, namun ia berpesan agar masyarakat juga jangan bermain-main memnggil.
“Tolong jangan iseng sama panggilan gratis ini, karena nanti ada sanksinya bagi yang menelepon cuman untuk main main,” tegasnya.
Ia menjelaskan, layanan itu merupakan salah satu pendukung Smart City di Banjarmasin. “Ini bagian dari layanan publik untuk kemudahan berkomunikasi program smart city kita, terutama smart living. Kemudahan dan kenyamanan sebuah kota, salah satunya adalah hadirnya call center,” tutupnya.
Sementara, Kepala Diskominfotik kota Banjarmasin Windiasti Kartika mengaku, untuk layanan panggilan darurat call center 112 ini, pihaknya sudah siap baik SDM maupun infrastrukturnya.
“Dari beberapa tahapan yang kita ikuti berjalan dengan lancar, temasuk Pemko Banjarmasin telah melaksanakan FGD dengan kementerian kominfo RI dan sudah melakukan training soft skill layanan kedaruratan bagi operator yang diikuti,” ujar Windi.
“Sebanyak 28 orang dari SKPD terkait sudah mengikuti bimtek agar dapat memaksimalkan pelayanan, apalagi ini kan 24 jam dalam rangka mempermudah masyarakat di Kota Banjarmasin untuk melaporkan kejadian,” sebutnya.
Ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan sebaik mungkin layanan panggilan 112 itu. “Tentu dukungan dari semua pihak sangat kita perlukan agar 112 ini bisa menjadi tanggapan cepat pemko kepada masyarakat Banjarmasin,” tutupnya. via