Minggu, Juli 13, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Motor Listrik Lebih Banyak Kendala

by matabanua
3 Agustus 2023
in Ekonomi & Bisnis
0
D:\2023\Agustus 2023\4 Agustus 2023\7\7\Foto hal Ekonomi  ( 04 agustus  )\master 7.jpg
KURANG DIMINATI – Penggunaan motor listrik (motlis) masih kurang diminati masyarakat, mengingat banyaknya kendala dilapangan akibat minimnya infrastruktur pendukungnya. Untuk pengisian baterai diperlukan waktu berkisar 3-8 jam hingga terisi penuh.(foto: mb/web)

 

JAKARTA – Asosiasi membeberkan alasan masih minimnya adopsi sepeda motor listrik di kalangan pengemudi ojek online (driver ojol).Infrastruktur yang masih minim menjadi alasan utama peralihan ke kendaraan ramah lingkungan berjalan lambat.

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\11 Juli 2025\7\7\master 7.jpg

Rumah Subsidi 18 Meterpersegi Batal Dibangun

10 Juli 2025
D:\2025\Juli 2025\11 Juli 2025\7\7\hal 7 - 2 kklm (KIRI).jpg

Harga Beras Mahal, Cabai Makin Pedas

10 Juli 2025
Load More

Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojek Daring Garda Indonesia Igun Wicaksono memperkirakan jumlah pengemudi ojek online yang sudah menggunakan motor listrik tidak lebih dari 20 persen dari total pengemudi ojek online di seluruh Indonesia.

Adapun keluhan para pengemudi ojek online yang telah menggunakan motor listrik rata-rata yakni pendapatan yang berkurang hingga waktu yang tidak efisien. “Banyak penumpang batalkan orderan kalau tahu ojolnya menggunakan motor listrik karena rata-rata ukuran motor listrik lebih kecil,” ujar Igun saat dihubungi, Rabu.

Igun berujar, kendala lainnya adalah infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) masih sedikit.

Jumlah SPKLU yang masih terbatas membuat pengemudi kesulitan saat sepeda motor mereka kehabisan listrik. Meskipun fasilitas penukaran baterai tersedia, tetapi kendala yang kerap ditemui driver ojol yakni baterai yang disediakan belum terisi penuh.Membuat waktu mereka untuk mengganti atau mengisi baterai lebih lama hingga mengurangi waktu operasional mereka mendapatkan pesanan.

“Mereka harus berputar-putar mencari SPKLU,” katanya. Di sisi lain, waktu pengisian baterai dirasa lebih lama dibandingkan dengan mengantri pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU. Adapun pengisian baterai motor listrik berkisar 3-8 jam hingga baterai terisi penuh, sedangkan ngantri isi BBM di SPBU hanya sekitar 10-15 menit.

“Harusnya ada super fast charging yang tidak memakan waktu berjam-jam untuk isi baterai,” ucapnya.

Meskipun begitu, Igun mengakui bahwa secara pengeluaran operasional motor listrik jauh lebih hemat. Bahkan bisa 50 persen lebih murah dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak. “Lebih murah motor listrik, tidak perlu isi bensin, tidak ganti oli atau suku cadang seperti motor BBM,” katanya.

Namun, Igun mengatakan insentif pembelian maupun konversi motor listrik belum berhasil menarik banyak minat pengemudi ojek online untuk beralih ke kendaraan listrik mengingat lebih banyak kendala dibandingkan keuntungan yang didapat.

Sebagaimana diketahui, pemerintah memang tahun ini telah menggelontorkan anggaran untuk mensubsidi pembelian dan konversi motor listrik sebesar Rp7 juta per orang. “Kami memandang program subsidi itu akan berhasil bisa infrastruktur pegisian baterai telah memadai,” tuturnya. bisn/mb06

 

 

Tags: Igun WicaksonoMotor Listrik Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojek Daring Garda Indonesiaojek online
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA