Kamis, Juli 3, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Gagas Master Plan Daerah Berbasis Brand

by matabanua
24 Juli 2023
in Banjarmasin, Indonesiana
0
D:\2023\Juli 2023\25 Juli 2023\2\2\New Folder\sac.jpg
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel M Saripuddin. (foto:mb/ist)

 

BANJARMASIN – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan M Saripuddin punya gagasan baru mengajak bupati/wali kota beserta jajaran dan legislatif di kabupaten/kota di Banua, serta semua pihak, mulai merancang atau mendesain daerahnya dengan baik.

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\3 Juli 2025\5\hal 5\LPG 3 kilogram yang selalu diburu masyarakat.jpg

Tembus Rp 45 Ribu, Pemko Siapkan Regulasi Penjualan LPG 3 Kg

2 Juli 2025
D:\2025\Juli 2025\3 Juli 2025\5\hal 5\Machli Riyadi memberikan pengarahan dalam kegiatan Peningkatan.jpg

Angka Stunting di Banjarmasin Ditarget Harus Turun

2 Juli 2025
Load More

Desain itu bersifat khas dan punya ciri-ciri tersendiri. Antara satu daerah dengan lainnya berbeda-beda. Menampilkan keunikan dan keunggulan masing-masing.

“Sehingga, setiap daerah punya deferiasiasi dengan memaksimalkan potensi yang ada. Bukan latah, meniru daerah lain. Sebab itu, perlu mulai sekarang masterplan dirancang sedemikian rupa. Dengan melibatkan seluruh komponen dan aspirasi warga,” kata pria yang akrab disapa Bang Dhin ini di Banjarmasin, Minggu (23/7).

Masterplan daerah tersebut, tamah dia, mencerminkan visi dan misi yang ingin dicapai secara logis dan realistis. Bukan ‘mengambang’ dan sulit diterjemahkan, seperti kebanyakan yang terjadi sekarang.

Bang Dhin mencontohkan. Di Davou, Filipina, sebuah daerah yang membranding diri dengan produk pisang. Semua aktivitas memfokuskan pada jenis buah-buahan ini. Mulai perkebunan, pembuatan (pabrikasi), dan pemasaran. Davao kini dikenal dunia sebagai kota pisang.

Lantas di Hight Point, salah satu wilayah di North Caroline, Amerika Serikat. Pemerintah dan warganya fokus pada industri meubel. Setiap tahun di sini digelar pameran meubel terbesar di dunia. Industri ini berkembang pesat dan menjadi sumber pendapatan yang mendominasi.

“Karena itu, mari mulai sekarang kita menggagas master plan daerah berorientasi ada brand. Punya ciri dan kekhasan yang ada di kabupaten/kota di Kalsel,” ucapnya.

Misalnya, di Kota Banjarmasin apa yang paling menonjol dan harus dijadikan brand. Begitu pula Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Bumbu, Kotabaru, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, dan lainnnya.

Tentu, lanjut Bang Dhin, ini bukan persoalan mudah. Akan banyak muncul perbedaan pendapat. Namun, gagasan baik tersebut harus dimulai dari sekarang. Pada saatnya jika titik temu telah ada, master plan berbasis brand tersebut bisa diwujudkan.rds

 

 

Tags: DPRDM SaripuddinMaster PlanWakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA