Minggu, Agustus 24, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

UMKM Diminta Manfaatkan Pasar Digital

by matabanua
17 Juli 2023
in Ekonomi & Bisnis
0

JAKARTA – Di tengah berkembangnya lokapasar tanah air, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang perlu didorong untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Kementerian Perdagangan mendukung UMKM memperluas pasar melalui penjualan di lokapasar.

Artikel Lainnya

Mandala Finance Gelar Perhelatan Rakyat di 16 Kota

Mandala Finance Gelar Perhelatan Rakyat di 16 Kota

23 Agustus 2025
XLSMART Ajak Warga Donor Darah Serentak

XLSMART Ajak Warga Donor Darah Serentak

21 Agustus 2025
Load More

Transaksi perdagangan sektor UMKM diharapkan terus meningkat seiring meningkatnya pertumbuhan nilai perdagangan elektronik di Indonesia.

Namun perlu dicatat, mutu produk dan kepuasan pelanggan tetap jadi prioritas utama baikbagi pelaku usaha maupun penyedia jasa platform lokapasar.

“Konsumen perlu dilindungi melalui penyediaan informasi secara transparan dan simetris sehingga transaksi aman dan terjamin,” tegas Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu Matheus Hendro Purnomo lewat keterangan persnya, Senin.

Besarnya potensi lokapasar tanah air dapat dilihat dari data Asosisasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang menunjukkan tingkat penetrasi internet di Indonesia pada 2022 mencapai 215,63 juta jiwa atau setara 78,19 persen total populasi Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan daring sudah menjadi sebuah kebiasaan. Di samping itu, pemasaran produk secara daring dapat dilakukan dengan mudah melalui ponsel pintar.

Hal ini akan memperluas segmentasi pasar dan memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Melalui penelitian yang dilakukan oleh Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menunjukkan, strategi pemasaran dengan menargetkan konsumen yang spesifik mampu meningkatkan pemasaran produk.

Target tersebut memprioritaskan lokasi penjual yang terdekat dengan konsumen, sehingga mempermudah konsumen mencari produk dan akhirnya dapat menciptakan peluang serta potensi bagi UMKM lokal.

“Pemerintah aktif berkontribusi dalam meningkatkan literasi digital dan pemanfaatan platform lokapasar. Kementerian Perdagangan memilikitenaga fasilitator yang memberikan pendampingan dan pembinaan kepada pelaku usaha dalam mngenalkan kewirausahaan, pemasaran, hingga pengembangan penjualan di lokapasar,” jelas Hendro.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Nursida Yaru, yang turut hadir dalam kegiatan inimenambahkan, pihaknya mempunyai visi membangun sebuah super ekosistemyang akan menjadi sebuah tempat untuk memenuhi segala kebutuhan.

“Sebanyak 14 juta pelaku usaha telah memanfaatkan Tokopedia dalam menjalankan usahanya. Sebesar 86,5 persen di antaranya adalah pelaku usaha baru. Beberapa program yang disediakan Tokopedia adalah percepatan digitalisasi UMKM, pengembangan fitur dan layanan untuk membantu mempromosikan produk, sosialisasi perijinan untuk meningkatkan ketahanan UMKM, serta pengembangan fitur dan layanan untuk membantu pendanaan dan permodalan bagi UMKM,” katanya. rep/mb06

 

 

Tags: Pasar DigitalUMKM
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA