
BANJARMASIN – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika mengatakan, SP4N LAPOR Kota Banjarmasin pada tahun 2022 lalu mendapatkan 800 aspirasi atau pengaduan dari masyarakat. Sedangkan sejak Januari – Mei 2023 terangkum sekitar 100 lebih pengaduan.
Dia membeberkan, ada tiga pengaduan tertinggi yang masuk ke SP4N LAPOR tersebut. Yakni soal kerusakan infrastruktur yang ditujukan ke dinas PUPR, parkir (Dishub) dan sampah (DLH).
“ Biasanya soal jalan yang rusak itu ditujukan kepada Dinas PUPR, parkir liar untuk Dishub dan Sampah untuk DLH,” katanya.
Menurut Windi, pihaknya langsung menindaklajuti laporan tersebut langsung ke dinas terkait. Jikapun dalam waktu tiga hari belum ada respon maka pihaknya akan kembali meminta atau menghubungi langsung dinas tersebut.
“Kami juga setiap enam bulan sekali melakukan evaluasi terhadap laporan pengaduan dan respon dinas yang lamban,” katanya.
Menurutnya lagi, pihaknya rata-rata telah menindaklanjuti 4,5 hari sudah bisa ditangani.
“Meski ada juga yang lamban menangapinya dan itu pun karena pengaduan lintas sektor. Misalnya pengaduan.bantuan sosial yang masuk ke kelurahan yang harus diteruskan ke dinas terkait, “demikiannya. via