JAKARTA – Toyota Indonesia mengukuhkan diri sebagai pemimpin pasar otomotif Indonesia dengan total wholesale sales sebanyak 331.410 unit selama 2022.
Angka tersebut naik 12,1 persen dari capaian 2021 yang meraih 295.000 unit. Toyota berhak meraih tahta otomotif Tanah Air dengan market share 31,6 persen.
Paling menarik, segmen elektrifikasi juga meningkat pesat hingga 130 persen dari capaian 2021 yang ada di level 1.935 unit. Toyota meraih wholesale model elektrifikasi lebih dari 4.463 unit. Didukung beragam model hybrid serta battery electric vehicle (BEV) lewat bZ4x yang meluncur akhir tahun.
Henry Tanoto, Vice President PT TAM mengungkapkan, Toyota merasakan dampak positif dari membaiknya ekonomi nasional yang berimbas pada peningkatan daya beli masyarakat. Pihaknya bersyukur dapat mempertahankan tren positif sepanjang 2022 dengan capaian lebih dari 331 ribu unit.
“Kami berharap, tren ini terus berjalan ke arah positif sehinggaToyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” ucap Henry dalam keterangannya.
Lagi-lagi segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) masih merajai pasar meski dibayangi maraknya model Sport Utility Vehicle (SUV). Avanza yang teratas, berhasil mencapai 60.619 unit.
Capaian ini meningkat 49 persen dibanding periode yang sama 2021 di angka 40.777 unit. Angka itu belum termasuk Veloz sebesar 32.022 unit. Ini membuat total Avanza dan Veloz digabungkan menjadi 92.641 unit.
Model lain yang berkontribusi adalah Kijang Innova Zenix. Berhasil mencatatkan angka 46.933 unit, gabungan dengan generasi lawas Kijang Innova sepanjang 2022 lalu. Segmen MPV sendiri berkontribusi sebesar 57,6 persen untuk Toyota sepanjang tahun lalu.
Selain segmen MPV, Toyota juga mendapatkan kontribusi dari SUV. Rush masuk dalam tiga besar model terlaris dengan kontribusi sebesar 44.991 unit sepanjang tahun lalu.
Selain itu, Toyota tahun lalu juga menghadirkan model dan brand Gazoo Racing untuk para penggemar motorsport. Secara angka, rata-rata komposisi penjualannya mencapai 72 persen.
Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM, mengungkapkan angka penjualan Toyota tahun lalu cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia. Kemampuan akomodasi barang dan orang menjadi favorit.
Selain itu ada kendaraan elektrifikasi yang mengalami peningkatan signifikan, salah satunya berkat kehadiran Kijang Innova Zenix hybrid.
“Hasil ini tentu menjadi basis bagi Toyota untuk melakukan pengembangan teknologi yang selaras dengan kebutuan masyarakat serta lebih ramah lingkungan,” ucap Anton. lp6/mb06