Rabu, Juli 9, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Ombudsman Minta Layanan Air Bersih Kelola Pengaduan Lebih Efektif

by matabanua
25 Januari 2023
in Banjarmasin, Indonesiana
0
D:\2023\Januari 2023\26 Januari 2023\2\2\New Folder\ambusman.jpg
Hadi Rahman (foto:mb/ist)

 

BANJARMASIN – Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan, Hadi Rahman meminta setiap layanan air bersih dapat mengelola pengaduan lebih efektif agar keluhan masyarakat mengenai distribusi air bisa cepat direspon.

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\9 Juli 2025\5\hal 5\Suri Sudarmadiyah kadis pupr.jpg

Sejumlah Komponen Air Mancur Menari Hilang

8 Juli 2025
D:\2025\Juli 2025\9 Juli 2025\5\hal 5\Ratusan IKM dan pengelola Rumah Makan.jpg

Disperdagin Sosialisasikan Cara Dapatkan Sertifikasi Halal

8 Juli 2025
Load More

“Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di sejumlah wilayah banyak dikeluhkan masyarakat karena pengelola pengaduannya tidak aktif ataupun lambat merespon,” kata dia di Banjarmasin, Senin.

Padahal menurut Hadi, pengelolaan pengaduan yang efektif merupakan kunci pelayanan publik yang berkualitas dan menghindari maladministrasi berupa tidak memberikan pelayanan.

“Masyarakat sebagai pelanggan air bersih harus diberikan akses seluas-luasnya untuk mengadu termasuk respon cepat pihak PDAM menanggapinya baik menangani aduan-aduan yang disampaikan secara langsung maupun lewat kanal-kanal seperti call center, WhatsApp dan media sosial,” jelas dia.

Seperti yang baru-baru ini disoroti Ombudsman terkait keluhan masyarakat di Kabupaten Banjar untuk layanan air bersih yang dikelola PT Air Minum (PTAM) Intan Banjar.

Hadi bahkan langsung menemui Direksi PT Air Minum Intan Banjar meminta agar segera menuntaskan banyaknya keluhan masyarakat mengenai distribusi air yang tidak lancar di sejumlah kecamatan.

Ditegaskan dia, masalah distribusi air yang tidak lancar di beberapa titik harus menjadi perhatian utama karena air merupakan kebutuhan dasar.

“Jika ada perbaikan jaringan pipa maka harus ada pemberitahuan kepada pelanggan dan memberikan jaminan pelayanan misalnya mengirimkan tangki air bersih ke rumah warga,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PTAM Intan Banjar Syaiful Anwar menyampaikan kondisi pelayanan pada wilayah yang sering dikeluhkan tersebut memang belum maksimal, dikarenakan berada di ujung jaringan pelayanan.

Selain itu, PTAM Intan Banjar di tahun ini ersiap menambah sambungan jaringan baru sebagai solusi terhadap masalah penyaluran air di beberapa wilayah seperti Kecamatan Sungai Tabuk, Tatah Makmur, Aluh-Aluh, Landasan Ulin, Liang Anggang dan Beruntung Baru. an/ani

 

 

Tags: Hadi RahmanOmbudsmanPDAM
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA