TANJUNG – Di penghujung 2022, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tabalong berhasil meraih prestasi di tingkat nasional.
Prestasi yang di raih Disdukcapil Tabalong tersebut berupa penghargaan pada Bidang Pelayanan Publik Prima Tahun 2022 dari Kemenpan-RB, yang diserahkan Asisten Deputi Kemenpan-RB kepada Kadisdukcapil Rowi Rowatiance di Aula Kemenpan-RB pada 15 Desember lalu.
Kadisdukcapil Tabalong Rowi Rowatiance mengatakan, keberhasilan ini merupakan kerja keras dan kerja sama semua pihak yang terlibat di dalamnya, dan juga tidak terlepas dari dukungan yang diberikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani atas kinerja kawan-kawan di Disdukcatpil Tabalong.
“Kami bangga sudah bisa mewujudkan impian pimpinan, karena tahun 2022 kemarin disdukcapil harus mampu meraih predikat pelayanan publik prima, sehingga Kabupaten Tabalong sudah bisa menyelenggarakan pelayanan publik prima,” ujarnya, Minggu (1/1).
Ia menegaskan, apa yang sudah pihaknya lakukan terkait pelayanan publik sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pelayanan publik.
Menurutnya, keberhasilan disdukcatpil dalam meraih penghargaan ini berkat kerja sama timnya yang kompak, serius, dan ikhlas.
Tahun 2021 lalu, lanjut dia, berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh Tim Kemenpan RB, Disdukcapil Tabalong hanya bisa mencapai nilai indeks 4,23 (sangat baik).
“Alhamdulillh pada tahun 2022 ini, Tabalong berhasil meraih indeks nilai sebesar 4,52 (prima). Terjadi peningkatan nilai indeks sebesar 2,9 poin, dan tentu ini sangat luar biasa,” katanya.
Ia mengungkapkan, jenis layanan disdukcapil ada 33 jenis, dan inovasi terobosan serta unggulan mereka meliputi Disdukcapil Datang Melayani (DDM) dengan target masyarakat kelompok rentan (disabilitas, lansia, ODGJ), kemudian Jebol Pelanduk Cerdas dengan target pemilih pemula dan siswa di sekolah, serta masyarakat daerah terpencil atau jauh dari ibukota kabupaten.
Meski sudah menerima penghargaan pelayanan publik prima, pihaknya tak akan berpuas diri dan akan terus meningkatkan pelayanan.
“Ke depan, bersama tim Disdukcatpil Tabalong kami terus berupaya dan berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat khususnya Tabalong, yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan. Kita akan terus mempertahankan predikat yang sudah berhasil di capai di tahun 2022 lalu,” pungkasnya. tal