Rabu, Juli 2, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Pelayan Publik Diharapkan Kuasai Bahasa Isyarat

by matabanua
20 Desember 2022
in Banjarmasin, Kotaku
0
D:\2022\Desember 2022\21 Desember 2022\5\hal 5\YPWB Banjarmasin launcingkan video bahasa isyarat.jpg
YPWB Banjarmasin launching video bahasa isyarat kepada SKPD pelayanan publik. (Foto:mb/via)

BANJARMASIN – Yayasan Pensil Waja Banua (YPWB) Kota Banjarmasin melaunching video bahasa isyarat yang digunakan para penyandang disabilitas, terutama tuna rungu dan tuna wicara.

Video yang menampilkan orang yang menggerakkan tangan kanan dan kiri sebagai gambaran bahasa isyarat tersebut, diharapkan dapat memberikan contoh dan kemudahan petugas ataupun masyarakat luas untuk mengingat dan berkomunikasi dengan para tuna rungu wicara.

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\2 Juli 2025\5\hal 5\Muhammad Yamin - Copy.jpg

Walikota Prihatin Minimnya Peserta Didik Baru

1 Juli 2025
D:\2025\Juli 2025\2 Juli 2025\5\hal 5\Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan - Copy.jpg

Pansus I Finalisasi Raperda Pedoman Pembentukan Produk Hukum Daerah

1 Juli 2025
Load More

Misliyani, selaku Ketua Harian YPWB Kota Banjarmasin, mengatakan, bahasa isyarat disosialisasikan sebagai upaya mendorong percepatan kota Banjarmasin sebagai kota ramah difabel atau kota inklunsi yang dicanangkan pemerintah.

Dalam mendorong kota inklunsi, YPWB juga membantu para tuna rungu dan tuna wicara dalam mengekspresikan keluhan ataupun keinginan ketika ingin berurusan di kantor -kantor pelayanan publik.

“Selama ini teman – teman kesulitan mengungkapkan keinginan ketika ingin mendapatkan pelayanan publik, sehingga solusinya mereka mencatatnya keinginannya,” ungkap Misliyani di Banjarmasin, Selasa (20/12).

Dengan dasar itulah, YPWB telah memberikan pelatihan dasar bahasa isyarat di seluruh kelurahan dan kecamatan hingga ke puskesmas yang merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat.

“Di kantor pemerintahan atau instansi pelayanan publik tersebut masih kesulitan berkomunikasi dengan maksimal sehingga kami rasa perlu memberikan pelatihan bahasa isyarat bagi pelayan publik,” katanya.

Memang, lanjutnya lagi, dalam belajar bahasa isyarat tak cukup hanya sekali pertemuan atau sehari belajar, sehingga dengan memberikan video bahasa isyarat tersebut diharapkan mereka dapat mengulang dan lebih mudah mengingat bahasa isyarat.

“Kita berharap para pelayan publik juga dapat memahami bahasa isyarat tersebut agar pelayanan masyarakat juga bisa maksimal,” tuturnya.

Harapan lainnya, dengan hadirnya video dan pelatihan bahasa isyarat tersebut, dapat berkembang dan melahirkan juru bicara bahasa isyarat baru. Mengingat juru bicara bahasa isyarat sangatlah sedikit. via

 

 

Tags: Pelayan PublikYPWB Banjarmasin
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA