Oleh: Novia Eka Safitri (Mahasiswa Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Marketing, atau sering disebut pemasaran, adalah bidang permintaan atau penjualan. Pemasaran juga memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan bisnis, sehingga pemasaran sendiri merupakan objek utama yang menghubungkan masyarakat dari lembaga yang memproduksi produk tersebut dengan konsumen yang bertindak sebagai pengguna produk tersebut. Selain itu, pemasaran juga merupakan proses yang utuh dan terpadu dimana individu dan kelompok menerimanya sebagai suatu produk. Pemasaran merupakan salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Strategi pemasaran yang tepat mempertimbangkan kebutuhan konsumen, bentuk dan segmentasi pasar, persaingan dan perencanaan pemasaran.
Digitalisasi adalah modernisasi atau pembaharuan penggunaan teknologi, sering dikaitkan dengan lahirnya internet dan komputer. Dimana semuanya bisa dilakukan dengan alat modern yang memudahkan masyarakat. Digital atau lebih sering disebut digitalisasi merupakan bentuk perkembangan dari teknologi mekanik dan elektronik analog menjadi teknologi digital. Digitalisasi ini sudah berlangsung sejak tahun 1980 dan masih terus berlangsung. Era digital lahir sebagai hasil revolusi yang diawali oleh generasi remaja yang lahir di tahun 80-an. Adanya digitalisasi merupakan awal dari era informasi digital atau tumbuhnya teknologi yang lebih modern.
Menurut Heidrick dan Strugless (2009: 1), pemasaran digital adalah pengembangan pemasaran digital melalui web, ponsel, dan perangkat video game, yang memberikan pendekatan baru pada periklanan yang tidak dapat diprediksi dan berdampak tinggi. Jadi mengapa pemasar di seluruh Asia tidak mengalihkan penggunaan anggaran dari pemasaran tradisional seperti TV, radio, dan media cetak ke teknologi baru dan media yang lebih interaktif.
Berbagai kalangan sangat menyukai makanan kuliner ini, baik dari sudut pkitang anak-anak, remaja maupun dewasa. Misalnya saja makanan pempek sangat populer di Palembang yang merupakan jajanan khas kota tersebut namun karena rasa pempek yang enak dan sesuai dengan bahasa orang indonesia tersebar di berbagai kota di indonesia. Usaha pempek merupakan usaha kuliner yang berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar. kita melihat begitu banyak orang yang menikmati kuliner dan mencicipi berbagai makanan dan jajanan yang mereka temukan.
Apabila, kika ingin melakukan trading pempek, pahami terlebih dahulu dengan baik analisa peluang trading pempek. serta memahami cara membuat pempek yang enak dan lezat yang akan membuat konsumen ketagihan. Jika kita sudah mengetahui semua hal yang ingin kita siapkan modal untuk memulai usaha pempek, kemudian kita melakukan riset pasar terlebih dahulu, mempelajari bahan baku pempek dan mewawancarai kompetitor perusahaan.
Berbicara mengenai strategi pemasaran usaha pempek, tentu saja strategi menjadi hal yang penting. jangan hanya buka, jualan dan tunggu orang datang. Tapi, harus proaktif. Kita harus menguasai bola. Coba strategi pemasaran digital berikut untuk mempromosikan bisnis kuliner kita melalui media sosial dan pencarian Google untuk menarik perhatian target pasar potensial kita. Adapun strategi pemasaran digital tersebut meliputi, pertama, search engine marketing.
Langkah pertama untuk menemukan pelanggan adalah memasukkan nama bisnis kuliner kita di hasil pencarian mereka. Agar kampanye pemasaran digital restoran kita lebih berhasil, kita harus memasukkan kata kunci sesering mungkin. Pastikan juga menyertakan deskripsi atau istilah lokal untuk menjangkau target pelanggan yang relevan.
Kedua, kelola media sosial dengan hati-hati. Jika koki kita tidak memiliki akun media sosial, kita kehilangan peluang pemasaran digital yang bagus untuk bisnis kita. Jika masakan kita sudah memiliki jejaring sosial, sekarang kita harus memikirkan cara membagikannya kepada banyak orang. Banyak pemilik bisnis kuliner yang mengupload foto menu terbaiknya, sehingga kita harus menggunakan trik lain. kita dapat menyiapkan tim khusus untuk mengelola media sosial perusahaan kita. Pastikan media sosial adalah alat komunikasi yang optimal untuk kita dan pelanggan kita.
Ketiga, membuat video promosi. Hampir setengah dari pengguna jejaring sosial di seluruh dunia menonton konten video setiap hari. Video rata-rata berisi 10-60 detik iklan. Meskipun terlihat sederhana, kita perlu membuat video berkualitas profesional. Produksi video kuliner kita juga bergantung pada konten yang ingin kita sampaikan kepada audiens kita. Jika ingin memamerkan kesibukan dapur restoran atau suasana ramai, rekam saja video dengan kamera smartphone kita. Namun, jika kita ingin memperkenalkan menu baru, disarankan untuk menyewa tim video khusus.
Keempat, bekerja dengan influencer. Referensi dan dari mulut ke mulut selalu merupakan strategi pemasaran yang kuat. Tapi tentu saja, kita tidak bisa hanya duduk dan menunggu pelanggan datang atau berbicara tentang restoran kita. kita perlu menerapkan strategi pemasaran digital yang mencakup langkah-langkah untuk mempromosikan bisnis kita. kita juga bisa mengundang influencer untuk makan di dapur kita. Pamerkan menu terbaru dan favorit pelanggan kita. kita perlu memastikan bahwa influencer kita memiliki banyak pengikut.
Kelima, menggunakan email untuk Mempromosikan. Jangan lewatkan email untuk mempromosikan bisnis kuliner kita. Data pelanggan memungkinkan kita mengirim email berisi penawaran menarik dan penawaran produk terbaru. Tentu tidak mudah bagi seorang pebisnis untuk mengelola dan mengembangkan restorannya, meski ia juga ahli dalam pemasaran digital. kita mungkin bingung pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu, menerapkan strategi digital marketing di atas tidak terlalu sulit.
Sebagai pemilik bisnis kuliner, kita harus lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam hal pemasaran bisnis kuliner kita. Untuk bertahan di pasar kuliner saat ini, kita memerlukan strategi pemasaran bisnis kuliner yang komprehensif yang dapat memberikan dampak. Banyak bisnis makanan kini dipasarkan melalui jalur online tanpa harus repot membangun kios atau restoran. Dengan strategi pemasaran bisnis kuliner online yang tepat, kita dapat menghasilkan, memperluas, dan meningkatkan penjualan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita terapkan pada bisnis makanan online kita.