
JAKARTA – Menanggapi banyaknya minat masyaratkat pencinta olahraga bola basket yang ingin menyaksikan langsung pertandingan ajang FIBA Asia Cup 2022, di Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, akhirnya Panitia Pelaksana (Panpel) memberi taMbahan penjualan tiket prtandingan secara offline.
Semula semua penjualan tiket FIBA Asia Cup 2022 dijual secara online. Kini tiket pertandingan juga dijual secara offline. Panpel FIBA Asia Cup 2022 membuka ticket box di Istora GBK Senayan, Jakarta. Ticket box ini sudah dibuka sejak Jumat (8/7), dengan waktu pelayanan mulai pukul 10.00 pagi sampai pukul 20.00 malam.
Harga tiket untuk menyaksikan pertandingan basket terbaik di Asia ini adalah Rp 230.000 hingga Rp 460.000 babak penyisihan hingga semifinal. Untuk laga final harganya Rp 575.000 dan Rp 1.150.000. Harga tiket tersebiut untuk satu pertandingan. Selain itu Panpel juga menyediakan paket follow my team, yakni mengikuti seluruh pertandingan satu tim pada babak penyisihan grup.
“Kebiasaan penonton Indonesia membeli tiket pas dekat-dekat hari H. Untuk mengantisipasi banyaknya pembelian menjelang hari pertandingan, kami membuka ticket box. Tidak ada penentuan alokasi jumlah tiket yang dijual offline dan online, dijual secara bersamaan saja,” kata Direktur Marketing dan Commercial FIBA Asia Cip 2022 Stephen Walangitang, dalam siaran resminya.
Untuk pembelian secara online bisa mengakses laman http://tickets.asiacup.basketball/. Jika belum menerima konfirmasi tiket, pembeli bisa mengirim nama, email, dan nomor telepon ke tickets@fibaasiacup2022.com dan info.fibaasiacup@gmail.com.
Stephen mengatakan, sejauh ini belum ada perubahan soal jumlah tempat duduk yang bisa digunakan di Istora. Panpel FIBA Asia Cup masih mengacu pada angka 70 persen dari kapasitas maksimal Istora untuk penentuan jumlah tiket.
“Sejauh ini penjualan tiket sudah di atas 50 persen. Itu saya percaya jumlah ini akan terus naik. Jadi saya mengimbau masyarakat segera membeli tiket yang tersedia supaya tidak kehabisan,” jelas Stephen.
Menurut Stephen, antusiasme menonton pertandingan secara langsung, ada hubungannya dengan kampanye marketing yang dilakukan oleh pihaknya. Ada beberapa konsep yang dijalankan, di antaranya menyasar komunitas, dan berinteraksi lewat media sosial.
“Performa digital lumayan tinggi dengan adanya 5 hari trophy tour ini. Pengikut media sosial FIBA bertambah. Semoga ini berdampak terhadap meningkatnya crowd untuk menyaksikan pertandingan secara langsung. Masyarakat bisa meramaikan Istora dan mendukung timnas basket kita. Sekali lagi saya mengajak masyarakat untuk segera mengamankan tiket pertandingan yang ingin mereka tonton,” tandas Stephen.
Sebagaimana diketahui kejuaraan FIBA Asia Cup 2022 berlansung mulai 12 Juli hingga 22 Juli mendatang di Istora GBK Senayan Jakarta. Ajang bola basket bergengsi di Asia ini diikuti 16 negara peserta.
Tuan rumah Indonesia yang tergabung dalam Grup A akan memulai laga pertama menghadapi Arab Saudi pada Selasa (12/7), Grup A terdiri dari Indonesia, Arab Saudi, Yordania, dan Australia. Sementara di Grup B, diisi oleh Taiwan, China, Korea Selatan dan Bahrain. Untuk Grup C terdiri dari Iran, Jepang, Kazakstan, dan Suriah. Sedang di Grup D meliputi India, Filipina, Lebanon dan Selandia Baru.zal