RANTAU,- Sekda Tapin H Masyraniansyah SP MMA MP didampingi para asisten dan staf ahli pimpin rapat koordinasi membicarakan tindak lanjut program smart city bersama satuan kerja perangkat daerah (SOPD), Selasa (10/05) bertempat di aula Tamasa kantor Setda Tapin.
Tujuan rapat koordinasi diantaranya untuk memperbaiki beberapa kekurangan data dari beberapa SOPD yang belum melengkapi data – data yang diperlukan.
Seperti yang diungkapkan Sekda Tapin H Masyraniansyah, dalam mempercepat pelaksanaan smart city di kabupaten Tapin, saat ini diperlukan penginputan data – data dari masing – masing SOPD.
“Untuk penginputan data – data, saat ini sudah ter input lebih dari 50% data yang dibutuhkan”. Kata Sekda Tapin saat diwawancara awak media.
Diutarakan H Masyraniasyah, dalam jangka waktu setengah bulan tim pelaksana smart city optimis data – data yang diperlukan sudah dapat dikumpulkan dan semua terinput dalam website pemerintah daerah.
Terkait persiapan command center, Ia mengatakan, semuanya sudah dipersiapkan oleh konsultan dan selanjutnya dilanjutkan dengan pembangunan fisik. Diperubahan kembali akan dianggarkan untuk kebutuhan peralatan elektronik.
Command center akan dipusatkan dilantai 3 kantor Setda Tapin karena dinilai lebih tepat. Karena saat ada tamu dari Kementerian kita tinggal memperlihatkan bagaimana proses smart city di kabupaten Tapin.
Kepada awak media Sekda Tapin mengatakan, akan sangat luar biasa jika smart city dapat kita wujudkan secepat mungkin, karenanya saat ini kita akan merekrut 1 orang tenaga IT dimasing – masing SOPD. Dan selanjutnya tenaga IT yang kita rekrut akan diberikan Bimtek khusus dengan tenaga ahli yang terlatih.
Untuk tenaga IT, mereka bisa berasal dari ASN ataupun tenaga PTT, yang mana setiap SOPD akan mempunyai satu tenaga IT dan untuk Command Center akan ditangani oleh 6 orang tenaga IT yang akan bekerja bergantian selama 24 jam.{[her/mb03]}