Kamis, Juli 3, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Disdukcapil Tingkatkan Layanan Masyarakat

by matabanua
7 Maret 2023
in Balangan, Indonesiana
0
D:\2023\Maret 2023\8 Maret 2023\2\2222222\New Folder\Disdukcapil Tingkatkan Layanan Masyarakat.jpg
PETUGAS Disdukcapil Balangan saat melakukan perekaman data, Selasa (7/3). (foto:mb/ant)

 

BALANGAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, dengan menyiapkan program desa digital.

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\3 Juli 2025\2\dsd.jpg

Jaksa Agung Monitoring Kinerja Kejari Banjarmasin

2 Juli 2025
D:\2025\Juli 2025\3 Juli 2025\2\Pemprov Tindaklanjuti Arahan Kepala BNPB.jpg

Pemprov Tindaklanjuti Arahan Kepala BNPB

2 Juli 2025
Load More

“Program desa digital ini merupakan transformasi digital pada desa dengan tujuan membantu masyarakat desa, yaitu bisa mendapat pelayanan dokumen kependudukan secara cepat dan mudah,” kata Kepala Disdukcapil Balangan Hifziani, Selasa (7/2).

Ia mengatakan, program ini di mulai dengan memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada operator dan pemerintah desa, agar nantinya bisa memberikan layanan-layanan secara online.

Ia menambahkan, hal itu seperti tata pemerintahan ataupun sistem informasi yang kini perlu ditingkatkan dengan mulai memanfaatkan TIK, sehingga dapat dilakukan dan dimonitor secara online.

Menurutnya, dengan program desa digital ini, pelayanan jadi lebih mudah bagi masyarakat yang ingin mengurus atau mencetak dokumen kependudukan tidak perlu lagi ke kantor disdukcapil, tapi bisa datang ke desa masing-masing.

“Sekarang sudah era digital, sehingga masyarakat bisa akses layanan kependudukan dan pencatatan sipil melalui aplikasi, dan dokumennya bisa dicetak mandiri,” ujarnya.

Hifzi menyebutkan, ini merupakan layanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan nantinya dapat memudahkan serta mendekatkan layanan kepada masyarakat.

“Semoga masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini dengan baik. Dalam hal ini dimulai dari skala desa dulu, kemudian dapat berkembang terus dan saling sharing serta membantu dalam mewujudkan pemerintahan desa dengan pelayanan terbaik dan terpadu terhadap masyarakat, dan juga tata kelola pemerintah yang lebih informatif dan transparan,” pungkasnya. ant

 

 

Tags: bimtekDisdukcapil
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA