Senin, September 15, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Ombudsman Kalsel Beri Zona Hijau untuk 5 Daerah

by matabanua
10 Januari 2023
in Banjarmasin, Kotaku
0

BANJARMASIN – Ombudsman memberikan nilai zona hijau untuk lima daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam kepatuhan standar pelayanan publik sepanjang tahun 2022.

“Ada peningkatan daerah masuk zona hijau atau kategori kualitas tertinggi dan tinggi dibanding tahun 2021 yang hanya tiga kabupaten atau kota,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan Hadi Rahman di Banjarmasin, Senin (9/1).

Artikel Lainnya

D:\2025\September 2025\16 september 2025\5\hal 5\Mobil air limbah milik PALD Banjarmasin yangndigunakan untuk sedot air limbah.jpg

Walikota Ingin Managemen PALD Diaudit Menyeluruh

15 September 2025
D:\2025\September 2025\16 september 2025\5\hal 5\Walikota Yamin didampingi istri serta para kepala SKPD pemko Banjarmasin melakukan aksi.jpg

Gawi Sabumi Semarakkan Hari Jadi Kota Banjarmasin

15 September 2025
Load More

Lima daerah dimaksud yaitu Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dengan nilai 86,61, Pemerintah Kota Banjarbaru dengan nilai 84,74, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan nilai 84,57, Pemerintah Kabupaten Balangan dengan nilai 80,78 dan Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan nilai 79,36.

Sedangkan delapan daerah sisanya masuk zonasi kuning dengan kategori kualitas sedang, termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan diberi nilai 69,38.

Menurut Hadi, perubahan ke arah lebih positif di tahun 2022 dibanding 2021 dipicu komitmen setiap daerah untuk menghadirkan pelayanan publik dengan kualitas standar termasuk menjalankan pengelolaan pengaduan bagi masyarakat untuk sistem evaluasi dan perbaikan.

Sebagaimana penilaian Ombudsman mencakup pengukuran kompetensi penyelenggara, pemenuhan sarana dan prasarana, standar pelayanan serta pengelolaan pengaduan.

Ombudsman juga terus melakukan peningkatan akses masyarakat untuk memberikan pengaduan terkait pelayanan publik dengan total 1.308 laporan masuk termasuk konsultasi nonlaporan dan investigasi atas prakarsa Ombudsman sendiri.

Adapun instansi yang menjadi terlapor masih didominasi pemerintah daerah sebanyak 132 dan 50 substansi laporannya bidang kesejahteraan atau jaminan sosial.

Total ada 236 dugaan maladministrasi ditangani Ombudsman dengan mayoritas tidak memberikan pelayanan 178 laporan disusul 25 penundaan berlarut dan 25 penyimpangan prosedur.

“Catatan perbaikan dari kami agar semua instansi bisa membangun pelayanan prima, perkuat sensitivitas pelayanan publik, buat sinergi dan kolaborasi antarinstansi atau lembaga dalam penyelenggaraan pelayanan serta fokus pada SDM dan inovasi,” ucap Hadi. ant

 

 

Tags: OmbudsmanZona Hijau
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA