Selasa, September 16, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Kiat Ritel Bangun Waralaba yang Tahan Krisis

by matabanua
12 Oktober 2022
in Ekonomi & Bisnis
0
D:\2022\Oktober 2022\13 Oktober 2022\7\Indomaret.jpg
(Foto:mb/web)

JAKARTA – Ritel minimarket Alfamart mengakui bahwa krisis yang melanda dunia berdampak hampir di semua bidang. Namun, Alfamart optimis bahwa ritel minimarket menjadi salah satu bidang usaha yang relatif tahan terhadap krisis.

Bercermin pada krisis moneter tahun 1998, krisis keuangan global pada 2008, hingga krisis di masa pandemi yang terjadi selama 2,5 tahun terakhir, usaha ritel minimarket terbukti mampu bertahan, bahkan mencatatkan pertumbuhan.

Artikel Lainnya

D:\2025\September 2025\16 september 2025\7\7\master 7.jpg

Bulog Jamin Beras SPHP Bebas Kutu

15 September 2025
D:\2025\September 2025\16 september 2025\7\7\hal 7 - 2 klm (KIRI).jpg

Beras, Minyakita, dan Gula Lampaui HET

15 September 2025
Load More

Franchise Director Alfamart Soeng Peter Suryadi mengatakan, pemenuhan kebutuhan sehari-hari merupakan hal yang tetap wajib terpenuhi. “Termasuk dalam kondisi yang sulit,” ujar Peter.

Guna mempertahankan sendi perekonomian masyarakat, Alfamart sebagai salah satu jaringan ritel minimarket terbesar di Indonesia memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki usaha gerai Alfamart melalui skema waralaba.

Peter menjelaskan, peluang usaha waralaba Alfamart mendapatkan respons positif. Hal itu terlihat dari pertumbuhan jumlah gerai waralaba Alfamart pada lima tahun terakhir.

Rata-rata pertumbuhan gerai waralaba Alfamart per tahun, kata dia, adalah sekitar 5,2 persen (compounded annual growth rate/CAGR). Hingga September 2022, jumlah gerai waralaba Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia sudah lebih dari 4.500 gerai.

“Seiring dengan jumlah gerai waralaba yang terus bertambah dan lokasi gerainya yang mudah dijangkau menjadikan Alfamart sebagai solusi cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen,” ucap Peter.

Salah satu pewaralaba, Teguh Aaron Muir yang mempunyai beberapa gerai waralaba Alfamart mengakui, pada awal pandemi, sekitar Mei 2020, dia merasakan penurunan penjuala terkait PSBB dan PPKM.

Namun, tim Alfamart terus melakukan perbaikan dan penyesuaian, serta komunikasi intens kepada pemilik gerai waralaba. “Saya yakin Alfamart sudah menyiapkan strateginya. Terbukti mulai kuartal 2 tahun 2021, kinerja gerai saya mulai membaik dan terus meningkat kinerjanya,” tutur Teguh.

Peter Suryadi pun menyampaikan apresiasi kepada para penerima waralaba yang telah memberikan kepercayaan kepada Alfamart untuk mengelola gerai waralaba, dan menjadi bagian dari keluarga besar Alfamart. cnn/mb06

 

 

Tags: AlfamartFranchise Director AlfamartSoeng Peter Suryadi
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA