
BANJARMASIN – PT Air Minum Bandarmasih (Perseroda) melaksanakan sosialisasi penyesuaian tarif air bersih pada warga Kelurahan Sungai Andai (Sundai) Banjarmasin Utara, Selasa (6/9).
Pada sosialisasi tersebut PTAM Bandarmasih mengharapkan masukan dan kritik dari warga setempat sebagai acuan dalam rangka melakukan perbaikan kualitas pelayanan ke pelanggannya.
Sosialisasi penyesuaian tarif dilakukan langsung oleh Senior Manager Keuangan dan Pelayanan PT Air Minum Bandarmasih, Syahrani ,SE dihadiri Lurah Sungai Andai, Dewan Kelurahan dan juga ketua RT/RW di Kelurahan Sungai Andai.
Syahrani mengatakan bahwa penyesuaian tarif terpaksa dilakukan mengingat beban biaya operasional yang ditanggung untuk menjadikan air bersih terus naik.
Selain itu, katanya, demi meningkatkan pelayanan air bersih agar air mengalir 24 jam dengan kualitas dan kuantitas yang baik pula, terutama di kawasan padat penduduk.
Menurutnya, dalam mengatasi kemacetan yang ada di daerah terujung, pihaknya akan mengoperasikan inline pump sebanyak dua kali dalam sehari.
“Dari yang sebelumnya cuma malam hari, sekarang juga kita operasikan pada siang hari, dari jam satu sampai jam tiga siang,” ungkapnya.
Selain itu, pihaknya saat ini telah menjalankan program pemasangan pipa baru dari Booster Banua Anyar untuk memperlancar distribusi air bersih ke Sungai Andai, Banjarmasin Utara dan sekitarnya.
“Kini sedang proses perizinan untuk pemasangan pipa baru dari Booster Banua Anyar menuju ke jembatan Banua Anyar dan pipa itulah yang akan membantu peningkatan pendistribusian air bersih ke kawasan Sungai Andai,” jelasnya.
Dia menjamin jika pemasangan pipa ini berlajan lancar maka pelayanan PAM Bandarmasih di sebagian wilayah Sungai Andai ini dapat lebih maksimal.
Sementara itu, Lurah Sungai Andai, Akhmad Fahrudy mengucapkan terima kasih atas sosialisasi hari ini berjalan dengan lancar dan untuk permasalahan kemacetan pendistribusian air bersih di Sungai Andai pun telah diungkapkan warganya.
“Kami berharap rencana pemasangan pipa baru dari boster Banua Anyar itu, bisa rampung pada bulan Desember 2022 mendatang,” harap Fahrudy.
Diakuinya, memang masih ada beberapa warga yang masih belum puas dengan penyesuaian tarif PAM Bandarmasih itu. Makanya warga menghendaki juga PAM Bandarmasih bisa menepati komitmennya untuk memberikan pelayanan yang prima untuk di kawasan Sungai Andai.
“Warga bisa memaklumi dan mendukung keputusan PAM Bandarmasih, namun dengan catatan pelayanan harus bisa ditingkatkan dan kemacetan bisa segera teratasi,” kata Lurah.
Sementara, Ketua Dewan Kelurahan Sungai Andai, Suriansyah berharap agar segala komitmen PAM Bandarmasih bisa benar-benar ditepati. “Jadi tahun depan sudah tidak ada lagi kemacetan yang terjadi seperti yang terjadi saat ini,” pungkasnya. via