
Dalam proses belajar diperlukan media untuk menunjang kebutuhan dalam mempermudah pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat perantara yang digunakan dalam proses belajar, media ini digunakan dengan menggunakan bantuan teknologi. Pada saat dilakukan proses belajar peserta didik mungkin bosan dan cepat mengantuk dengan cara mengajar yang dilakukan dengan metode ceramah yang bisa saja membuat peserta didik tidak memahami pelajaran tersebut.
Maka dari itu perlulah adanya penggunaan media agar peserta didik tidak cepat merasa bosan ataupun mengantuk. Dikarenakan penggunaan nya dan pembuatannya yang dirasa cukup mudah, memungkinkan bagi guru untuk menggunakan media tersebut untuk memberikan kemudahan dalam proses belajar. Pada zaman sekarang sudah banyak media yang digunakan untuk pembelajaran dengan menggunakan internet dan penggunaan nya yang dirasa cukup mudah untuk dipakai oleh peserta didik. Media dalam pembelajaran bisa dilakukan untuk berbagai hal seperti untuk menjelaskan materi, memberikan tugas, dan untuk berdiskusi.
Media yang dapat digunakan dalam memberikan materi dapat berupa video pembelajaran, dan power point yang jika digunakan dalam proses pembuatan media tersebut dapat ditambahkan animasi. Penggunaan animasi ini dapat berguna agar peserta didik yang diberikan materi merasa senang dalam belajar dikarenakan saat belajar ada hal yang menarik dan membuat tidak bosan ataupun mengantuk. Dengan menggunakan media tersebut, peserta didik juga mendapatkan kemudahan dalam pembelajaran dikarenakan media tersebut dapat dilihat juga saat sedang dirumah dengan menggunakan alat elektronik yang memungkinkan, jadi dengan media tersebut peserta didik tidak hanya bisa melihatnya saat disekolah saja.
Penggunaan media pembelajaran yang mudah ini bukan hanya itu saja, tetapi ada media yang digunakan untuk memberikan tugas kepada peserta didik atau ujian. Jika mencari melalui internet banyak sekali yang bisa digunakan untuk media tugas ataupun ujian seperti contoh quizizz atau kahoot, dua web tersebut bisa digunakan oleh para guru dalam memberikan tugas atau ujian kepada peserta didik. Dengan menggunakan media tersebut guru bisa mendapatkan kemudahan dan praktis karena jika menggunakan media tersebut nilai yang didapat oleh peserta didik langsung terlihat sehingga guru dapat dengan mudah mengetahui nilai peserta didik dan juga peserta didik dapat langsung mengetahui berapa nilai yang mereka dapat dari mengerjakan soal soal tersebut.
Dalam penggunaan teknologi kita harus pintar dalam mencari manakah teknologi yang cocok untuk dipakai dalam kehidupan. Yang sudah disebutkan tadi, merupakan teknologi yang bisa dan cocok digunakan dalam membantu proses belajar menjadi lebih mudah. Media tersebut mudah dikarenakan dalam proses pembuatan atau penggunaan media tersebut tidaklah sulit, apalagi penggunaannya.
Maka, media tersebut merupakah cara yang efektif yang dapat digunakan pada proses belajar, dan juga dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Membuat media pembelajaran juga bisa untuk meningkatkan kretivitas para guru dikarenakan para guru jadi bisa memikirkan cara bagaimana peserta didik tidak merasa bosan dan mengantuk dengan cara pembelajaran yang dilakukan sebelumnya.
Tetapi, kekurangan menggunakan media pembelajaran yang sudah disebutkan adalah karena media tersebut harus menggunakan teknologi, peserta didik dan guru harus mempunya handphone, laptop, ataupun komputer dalam penggunaan media media tersebut. Media yang digunakan secara online pun harus mempunyai jaringan internet yang kuat untuk mengaksesnya. Maka, kekurangan dari media media tersebut adalah tidak semua sekolah bisa menerapkan media tersebut, media tersebut mungkin dapat digunakan pada sekolah yang para guru dan peserta didik mempunyai handphone, laptop, ataupun komputer dan memahami penggunaan teknologi serta jaringan internet yang memadai.