Mata Banua Online
Selasa, Oktober 28, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Gaikindo Geber Penjualan Akhir Tahun

by Mata Banua
27 Oktober 2025
in Ekonomi & Bisnis
0

JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Ber­mo­tor Indonesia (Gaikindo) bertaruh asa pada pa­meran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 untuk menggenjot penjualan mo­bil hingga akhir tahun. Ketua Umum Gai­kin­do Putu Juli Ardika mengatakan, pameran GJAW 2025 yang akan digelar pada 21-30 No­vember 2025 di ICE BSD City, Tangerang menjadi mo­mentum penting bagi masyarakat untuk mem­beli kendaraan baru.

“Fokus utama acara adalah men­dorong penjualan kendaraan men­jelang akhir tahun sekaligus mem­beri pengalaman terbaik bagi pe­ng­unjung,” ujar Putu dalam ke­terangannya, dikutip Senin.

Berita Lainnya

D:\2025\Oktober 2025\28 Oktober 2025\7\7\wedw.jpg

Berbagi ‘Cinta’ Pelanggan Honda Anugrah

27 Oktober 2025
D:\2025\Oktober 2025\28 Oktober 2025\7\7\master 7.jpg

Pedagang Diminta Beli Buatan Lokal

27 Oktober 2025

Adapun, gelaran GJAW 2025 bakal diikuti lebih dari 80 me­rek otomotif, mencakup ken­da­raan roda empat, roda dua, ka­ro­seri, hingga pelaku industri pen­dukung seperti aksesoris ken­daraan. Dari segmen mobil pe­numpang, sejumlah agen pe­me­gang merek (APM) besar me­mas­tikan kehadirannya.

Pemain lama seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, Suzuki, dan Daihatsu siap menampilkan lini pro­duk unggulan mereka untuk me­narik perhatian pengunjung.

Tak hanya itu, merek-merek ba­ru asal China juga semakin ag­resif memperluas pasar di In­do­nesia melalui ajang ini, di an­ta­ra­nya Changan, Lepas, BYD, Aion, BAIC, hingga Geely.

Sementara itu, di segmen ro­da dua hanya ada 3 peserta yang ikut meramaikan pameran, yakni Indomobil e-Motor, Royal Enfied, dan Scomadi. Kemudian da­ri industri karoseri yakni Adiputro dan Tentrem. Alhasil, Ga­ikindo memasang target am­bisius pada GJAW 2025 dengan ni­lai transaksi dapat melampaui ca­­paian tahun sebelumnya se­be­sar Rp5,1 triliun, sedangkan jum­lah pengunjung ditarget lebih dari 148.000 orang.

Kendati demikian, pasar mo­bil nasional masih lesu. Gaikindo men­catat, penjualan wholesales se­panjang Januari-September 2025 sebanyak 561.819 unit, atau merosot 11,3% (year-on-ye­ar/yoy) dibandingkan periode ya­ng sama pada 2024 sebesar 633.660 unit.

Di lain sisi, penjualan secara ri­tel juga ikut menyusut 10,9% men­jadi 585.917 unit, di­ban­di­ng­kan pada 9 bulan 2024 yang men­catatkan angka 657.448 unit. Ke­tua Harian Gaikindo, Anton Ke­mal Tasli Kumonty me­nam­bahkan, Gaikindo berharap de­ng­an adanya pameran GJAW 2025, setidaknya penjualan mobil sampai akhir tahun mampu men­capai angka 850.000 unit. bisn/mb06

 

Mata Banua Online

© 2025 PT. Cahaya Media Utama

  • S0P Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper