Mata Banua Online
Kamis, Oktober 16, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Penjualan Mobil Baru Masih Jauh dari Target 900 Ribu

by Mata Banua
15 Oktober 2025
in Ekonomi & Bisnis
0
D:\2025\Oktober 2025\16 Oktober 2025\7\7\hal 7 - 2 klm (KIRI).jpg
MENURUN – Penjualan mobil baru mencapai 561.819 unit sepanjang Januari hingga September 2025. Toyota masih menjadi merek terlaris dengan penjualan 181.817 unit, menguasai 32,4 persen pangsa pasar. (foto:mb/ant)

JAKARTA – Penjualan who­le­sa­les mobil baru di Indonesia ba­ru mencapai 561.819 unit se­pan­jang Januari hingga September 2025. Ini berdasarkan data Ga­bungan Industri Kendaraan Ber­mo­tor Indonesia (Gaikindo) yang di­akses.

Data menunjukkan kontribusi ter­besar berasal dari segmen ken­da­raan penumpang, sementara ken­daraan niaga turut menopang angka penjualan, terutama dari merek Mitsubishi Fuso, Isuzu, dan Hino.

Berita Lainnya

D:\2025\Oktober 2025\16 Oktober 2025\7\7\hal 7 - 2 klm (Bawah).jpg

Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Harga Rokok tidak Naik

15 Oktober 2025
D:\2025\Oktober 2025\16 Oktober 2025\7\7\ft master.jpg

Harga Emas Sudah Naik Rp1,1 Juta dalam Setahun

15 Oktober 2025

Pabrikan Jepang masih me­ra­jai pasar Indonesia. Toyota ma­sih menjadi merek terlaris dengan pen­jualan 181.817 unit, meng­u­a­sai 32,4 persen pangsa pasar. Di­ikuti Daihatsu dengan 95.307 unit (17 persen) dan Mitsubishi Mo­tors dengan 48944 unit (8,7 per­sen). Honda dan Suzuki juga men­catat performa kuat masing-ma­sing dengan 46.623 dan 44.253 unit.

Sementara itu, merek-merek asal China mulai menunjukkan pe­ng­aruh signifikan di pasar In­do­nesia. BYD menembus angka 20.077 unit, menyalip banyak me­rek lama, sedangkan Wuling men­catat 12.341 unit, dan Chery 15.160 unit. Hyundai, meskipun bu­kan pemain baru secara global, juga menegaskan ke­ha­di­rannya lewat penjualan 15.240 unit.

Di segmen kendaraan listrik mur­ni, AION membukukan pen­jualan 4.45 unit, menjadi yang tertinggi di kategori te­rse­but, disusul oleh Xpeng dengan 344 unit. Ini mengindikasikan bah­wa pasar EV di Indonesia mu­lai tumbuh meski porsinya ma­sih kecil secara total.

Secara keseluruhan mencapai pen­jualan 561.819 unit, angka ini menurun jika dibandingkan pe­riode yang sama tahun lalu men­capai 633.660 unit, atau tu­run 11,3 persen.

Hingga saat ini dengan tiga bu­lan tersisa menuju akhir tahun, be­lum ada rencana Gaikindo un­tuk merevisi target penjualan mo­bil baru nasional hingga akhir 2025 yang mencapai 900 ribu unit.

Akhir September lalu ditemui An­tara di Jakarta, Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara me­ngungkap akan terus berusaha mencapai target tahunan tersebut. “Eng­gak ada (revisi target), ma­sih tetap, tercapai tidak tercapai ki­ta harus terus mengusahakan.” ka­ta dia. rep/mb06

 

Mata Banua Online

© 2025 PT. Cahaya Media Utama

  • S0P Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper