
PARINGIN-Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kabupaten Balangan bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, membahas peningkatan kualitas layanan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Kandang Haji dalam ekspose pendahuluan penyempurnaan kualitas sistem pelayanan Kesehatan di Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel).
Kepala Bapperida Balangan, Rahmadi Yusni, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal dalam perbaikan kualitas layanan rumah sakit dengan melibatkan para pakar dan akademisi untuk memberikan solusi ilmiah, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
“Hari ini kami melaksanakan ekspose sebagai bentuk respon pemerintah daerah terhadap kebutuhan masyarakat. Rumah Sakit Datu Kandang Haji adalah kebanggaan sekaligus harapan warga Balangan, karena itu kami berupaya memperbaikinya melalui kajian ilmiah bersama ULM,” ujarnya, kemarin.
Rahmadi berharap, hasil kajian ini dapat menjadi dasar bagi peningkatan mutu pelayanan agar RSUD Datu Kandang Haji mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Balangan.
Sementara itu, Direktur RSUD Datu Kandang Haji Balangan, drg. Sudirman, mengungkapkan bahwa pelaksanaan ekspose awal ini merupakan tindak lanjut dari inisiatif DPRD Kabupaten Balangan yang mendorong perbaikan kualitas layanan rumah sakit.
“Kami berterima kasih atas kontribusi semua pihak dalam ekspose awal ini. Kegiatan ini diinisiasi DPRD Balangan karena adanya berbagai kendala dan keluhan masyarakat. DPRD kemudian meminta Bapperida untuk menindaklanjuti melalui ekspose yang dilaksanakan hari ini,” jelasnya.
Lebih lanjut, Sudirman berharap, RSUD Datu andang Haji dapat terus berkembang hingga berstatus Rumah Sakit Madya, dengan kemampuan memberikan layanan empat spesialis dasar, yakni kanker, jantung, saraf, dan urologi.
Kegiatan ekspose ini, diharapkan menjadi langkah strategis menuju peningkatan mutu layanan kesehatan yang lebih profesional, merata, dan berorientasi pada kepuasan pasien di Kabupaten Balangan.{[rel/mb03]}