Minggu, Juli 13, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Bisnis Ritel Makin Tertekan

by Mata Banua
6 Mei 2025
in Ekonomi & Bisnis
0

JAKARTA – Asosiasi Pengelola Pusat Belanja In­donesia (APPBI) memproyeksikan industri ri­tel modern, khususnya kategori usaha Hyper­mar­ket akan terus menghadapi tekanan hebat se­panjang tahun 2025.

Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja menjelaskan te­kanan ini bukan hanya terlihat dari penutupan permanen se­jum­lah merek besar, tetapi juga dari pe­ngurangan jumlah gerai secara sig­nifikan di berbagai kota besar se­perti Jakarta.

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\11 Juli 2025\7\7\master 7.jpg

Rumah Subsidi 18 Meterpersegi Batal Dibangun

10 Juli 2025
D:\2025\Juli 2025\11 Juli 2025\7\7\hal 7 - 2 kklm (KIRI).jpg

Harga Beras Mahal, Cabai Makin Pedas

10 Juli 2025
Load More

Kondisi tersebut, di­per­ki­ra­kan­nya masih akan terus terjadi ya­ng mana disebabkan oleh pe­ru­bahan tren ataupun gaya ber­be­lanja konsumen akibat telah ter­ja­dinya perubahan gaya hidup mas­yarakat terutama di kota – ko­ta seperti salah satunya adalah Ja­kar­ta. “Sudah beberapa waktu ka­te­gori usaha hypermarket berada da­lam tekanan yang mana ditandai de­ngan penutupan total secara per­manen beberapa merek usaha dan pengurangan jumlah gerai da­ri beberapa merek usaha,” ujar­nya.

Sisi lain, sebutnya, kategori usa­ha supermarket dan mi­ni­mar­ket masih akan terus bertumbuh pa­da tahun 2025 ini.

Dia menjelaskan kategori usa­ha supermarket apalagi mi­ni­mar­ket tentunya memilki fleksibilitas ya­ng lebih tinggi dibandingkan de­ngan kategori usaha hy­per­mar­ket yang relatif memerlukan per­sya­ratan ataupun berbagai kondisi ya­ng lebih tinggi seperti misalnya lo­kasi, investasi, segmen dan se­bagainya.

Selain itu, dampak pandemi Covid-19 juga telah mem­pe­ng­aruhi gaya berbelanja masyarakat di­mana pada saat pandemi masyarakat membeli kebutuhan han­ya secukupnya dan se­per­lu­nya saja serta membeli di lokasi ter­dekat dengan rumah akibat pem­berlakuan berbagai pem­ba­tas­an oleh pemerintah.

“Sebelumnya, masyarakat bia­sanya membeli kebutuhan da­lam jumlah relatif cukup banyak se­perti misalnya belanja mi­ng­gu­an dan belanja bulanan di hy­per­market yang mana sekarang tren ini sudah jauh berkurang,” je­las­nya.

Tak hanya itu, lanjutnya, da­ya saing harga juga menjadi salah sa­tu faktor yang mempengaruhi bis­nis supermarket, minimarket dan hypermarket.

Supermarket apalagi mi­ni­mar­ket memiliki fleksibilitas usa­ha yang lebih tinggi sehingga bia­ya operasional relatif bisa lebih efi­sien, yang pada akhirnya mem­pe­ngaruhi harga jual barang / pro­duk.

Meski demikian, dia melihat per­masalahan paling mendasar ya­ng terjadi saat ini adalah me­nu­runnya daya beli masyarakat, khususnya kelas menengah ba­wah.

Dia meminta pemerintah ha­rus lebih serius dalam menangani da­ya beli masyarakat melalui pen­yediaan ataupun pemberian sti­mu­lus yang berdampak secara lang­sung untuk mengangkat daya be­li masyarakat. Sisi lain peritel juga merespons secara positif mo­men Idulfitri yang baru saja ber­lalu mampu memberikan kon­tribusi peningkatan kinerja meski ti­dak signifikan yaitu rata – rata han­ya sekitar 10% saja. Namun se­telah momen tersebut, peritel me­ngkhawatirkan periode low season yang panjang dan dalam. Guna menyiasatinya, peritel akan le­bih gencar melakukan beragam prog­ram belanja dan promo. bisn/mb06

 

ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA