Jumat, Juli 11, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Masyarakat Diharapkan Mengadu ke Ombudsman

by matabanua
20 Juli 2023
in Banjarmasin, Kotaku
0
D:\2023\Juli 2023\21 Juli 2023\5\3a.JPG
Anggota Ombudsman RI, Heri Susanto bersama Anggota Komisi II DPR RI, Hj Aida Muslimah, SE saat menjadi narasumber pada Sosialisasi dan diskusi publik peningkatan akses pengaduan pelayanan publik di Kota Banjarmasin.(foto:mb/ist)

 

BANJARMASIN – Om­bud­sman Republik Indonesia (ORI) memberikan sosialisasi sekaligus diskusi publik kepada ma­syarakat agar dapat meningkatkan akses pengaduan pelayanan publik dari pemerintah di Kota Banjarmasin.

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\11 Juli 2025\5\hal 5\HM. Yamin.jpg

Walikota Soroti Kinerja Perumda Pasar Baiman

10 Juli 2025
D:\2025\Juli 2025\11 Juli 2025\5\hal 5\Wali kota Yamin menyampaikan KUA dan PPAS tahun 2025.jpg

Yamin Fokuskan Empat Kebijakan Pembangunan Tahun 2026

10 Juli 2025
Load More

Hal tersebut dilakukan ka­rena masih banyak masyarakat yang tidak memahami bagaimana melapor atau mengadu terhadap tindakan tidak diberikan pela­yanan publik, berlarut-larut dan dimintai imbalan.

Anggota Ombudsman RI, Heri Susanto mengatakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengadu tidak di­berikan pelayanan, berlarut-larut dan dimintai imbalan. Disinilah forumnya bagaimana menghadapi malpraktek apakah membuat KTP, BPJS maupun urusan tanah.

Dia mengakui, paling banyak ditemukan terkait pertanahan, kesehatan dan masalah ling­kungan hidup dan dalam kontek laporan Ombudsman Kalsel ini terbaik nomor 1 se-Indonesia, Kalsel termasuk tinggi dalam menerima laporan masyarakat.

“Laporan yang masuk di Ombudsman Kalsel total 686 berkas yang diselesaikan 648 laporan dan Kalsel ini persen­tasenya sekitar 94 persen ini masuk kualifikasi rengking nomor 1 se-Indonesia,” ujar Heri Susanto usai menjadi narasumber pada acara Sosialisasi dan diskusi publik peningkatan akses penga­duan pelayanan publik di Kota Banjarmasin di Hotel Jelita Banjarmasin, Kamis (20/7) sore.

Meski begitu banyak masya­rakat yang tidak tahu cara melapor dan inilah pentingnya literasi pengetahuan pelayanan publik melalui kerja sama dengan Anggota Komisi II DPR RI, Hj Aida Muslimah, SE.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPR RI, Hj Aida Muslimah, SE mengatakan memang selama ini orang belum tahu apa itu Ombudsman dengan sosialisasi pelayanan publik ini mereka sudah tahu apa itu Ombudsman.

Baik itu masalah infra­struktur, pendidikan dan lainnya untuk dilaporkan ke Ombudsman baik melalui video, surat lang­sung dan lainnya.

Ombudsman itu merupakan mitra Komisi II DPR RI, dimana seperti masalah sampah, kese­hatan, infrastruktur dan lampu jalan serta lainnya.

“Kita berharap dari keluhan masyarakat hendaknya jangan memberikan harapan masyarakat kalau tidak ada anggarannya,” ujar Politisi PDI Perjuangan ini. rds/ani

 

 

Tags: Heri SusantoOmbudsmanORI
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA