Rabu, Agustus 20, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Kecerdasan Kepemimpinan Pendidikan

by matabanua
20 Juli 2023
in Opini
0
D:\2023\Juli 2023\21 Juli 2023\8\8\maspuah.jpg
Masfuah, M.Pd (Kepala TK Purwosari Sayung Demak, Alumnus Pascasarjana Unnes Semarang)

 

Salah satu yang dapat menunjang kewibawaan seorang pemimpin adalah dia harus cerdas. Sebab jika seorang pemimpin tidak memiliki kecerdasan maka kemungkinan besar bisa ditipu oleh bawahanya, dan organisasi yang dipimpinnya akan kacau. Tetapi kecerdasan pemimpin juga jangan terlalu jauh dengan kecerdasan bawahannya. Karena bila terjadi kesenjangan kecerdasan yang begitu jauh maka dapat menyebabkan pola pikir, pola rasa, pola karsa, dan pola karya antara pemimpin dengan yang dipimpinnya terjadi tidak tersambung, sehingga muncul permasalahan yang baru lagi.

Artikel Lainnya

D:\2025\Agustus 2025\20 Agustus 2025\8\8\Gennta Rahmad Putra.jpg

Dua Sisi Artificial Intelligence dalam Pembangunan Berkelanjutan

19 Agustus 2025
Beras 5 Kg Tak Sesuai Takaran

Indonesia Masih Dijajah

19 Agustus 2025
Load More

Idealnya kecerdasan seorang pemimpin sedikit di atas rata-rata bawahanya. Sehingga visi dan misi yang dibangun akan tercapai dengan baik dan benar. Sebagai seorang pemimpin yang berwawasan jauh ke depan akan bisa mendorong bawahanya untuk mengikuti arus perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Sembilan Kecerdasan

Dalam lingkungan pendidikan, peran pemimpin dalam sekolah menjadi sangat urgen dalam upaya untuk melaksanakan tugas dan pokok fungsinya masing-masing. Mac Gilchrist, el al (2004) dalam buku Husaini Usman (2011) mengembangkan sembilan kecerdasan pemimpin yang dibutuhkan sekolah untuk memimpin guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik. Kesembilan kecerdasan kepemimpinan pendidikan yaitu:

Pertama, Kecerdasan etika; kecerdasan ini menitikberatkan pada tujuan utama dalam hidup di lingkungan yang berkemajemukan, maka prinsip yang harus dipegang adalah pemimpin harus berlaku adil, hormat kepada orang lain, menjunjung tinggi kebenaran dan bertanggung jawab.

Kedua, Kecerdasan spiritual; kecerdasan ini menitikberatkan pada kepribadian manusia dalam mencari makna hidup, kuat dalam iman dan konsisten dalam takwa.

Ketiga, Kecerdasan konstektual : kecerdasan ini lebih pada memahami lingkungan lokal, regional, nasional, dan global yang terus berubah setiap saat.

Keempat, Kecerdasan operasional; kecerdasan tentang bagaimana berpikir strategis, mengembangkan perencanaan, mengatur manajemen dalam sebuah organisasi terlebih di dalam sekolah.

Kelima, Kecerdasan emosional; kecerdasan untuk mengenal diri sendiri dan orang lain, mampu mengendalikan emosi, dan mengembangkan kepribadian.

Keenam, Kecerdasan kolegial; kecerdasan yang mengedepankan komitmen terhadap tujuan bersama, mengetahui kreasi, dan membangun kepercayaan semua pihak yang sama-sama memiliki tujuan yang sama.

Ketujuh, Kecerdasan reflektif; menyediakan waktu untuk refleksi, evaluasi diri.

Kedelapan, Kecerdasan pedagogik; mengembangkan visi baru dan tujuan pembelajaran, meningkatkan kompetensi mengajar, sikap keterbukaan di dalam kelas, dan bersikap mendidik.

Kesembilan, Kecerdasan sistematik; memberi contoh model mental, berpikir sistem, mengorganisasi diri sendiri dan mengefektitkan jaringan kerja.

Pentingnya Mutu Kepemimpinan

Dalam menunjang kepemimpinan di sebuah lembaga pendidikan, maka mutu kepemimpinan menjadi jawaban tepat untuk lembaga pendidikan. Mutu kepemimpinan ialah sifat-sifat yang dimiliki oleh pemimpin yang berkualitas. Mutu kepemimpinan esensinya sama dengan sifat-sifat kepemimpinan yang efektif. Sedangkan kepemimpinan mutu ialah kepemimpinan yang selalu ingin sesuatu yang sempurna atau terbaik. Oleh karena itu, mereka termasuk orang yang perfeksionis. Pentingnya keberadaan kepemimpinan mutu untuk melaksanakan mutu tidak dapat diabaikan. Tanpa kepemimpinan yang bermutu, sulit untuk meningkatkan mutu.

Prasyarat untuk meingkatkan mutu adalah kepemimpinan yang bermutu. Jadi, tingkatkan dulu mutu kepemimpinan lembaga sebelum meningkatkan  mutu lembaga. Kepemimpinan yang bermutu berbeda dengan kepemimpinan mutu. Kepemimpinan yang bermutu sama dengan atribut atau karakteristik mutu kepemimpinan yang harus dimiliki setiap pemimpin yang bermutu.

Kepemimpinan mutu ialah kepemimpinan yang memfokuskan pada pencapaian atau pemenuhan kepuasan pelanggan. Pelanggan pendidikan meliputi pelanggan internal dan eksternal sekolah. Pelanggan internal sekolah utama adalah siswa. Pelanggan internal lainnya adalah pendidik dan tenaga kependidikan. Pelanggan eksternal sekolah adalah orang tua siswa, keluarga siswa, pemerintah dan masyarakat luas.

Tanpa kepemimpinan mutu pada semua level pimpinan di setiap lembaga, peningkatan mutu sulit, bahkan tidak dapat diwujudkan. Komitmen terhadap mutu harus menjadi peran utama setiap pemimpin dan setiap orang dalam lembaga untuk meningkatkan mutu karena mutu adalah urusan setiap orang. Di samping komitmen, faktor-faktor ketersediaan fasilitas yang lengkap dan mutakhir, kerjasama tim yang solid, kepengawasan yang ketat, dan sumberdaya organisasi yang memadai terutama dana adalah factor-faktor yang menentukan keberhasilan peningkatan mutu. No money, no quality, demikian ungkap Robbins (2008).

Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa untuk melihat kondisi di beberapa daerah di Indonesia, sejauh mana kepemimpinan pendidikan diterapkan karena masih banyak kepemimpinan yang ada karena ada unsur politik sehingga cita-cita yang telah ditetapkan untuk memajukan dunia pendidikan tidak tercapai maksimal karena pemimpin yang terpilih tidak sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Untuk itu sudah seharusnya semua pekerjaan diserahkan kepada ahlinya yang mengerti akan kondisi sebenarnya. Kita berharap bahwa hadirnya kepemimpinan yang bermutu menjadi terobosan yang nyata untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

 

 

Tags: Kepala TK Purwosari Sayung DemakMasfuahpendidikan
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA