
RANTAU,- Seluruh pimpinan SOPD dan Sekretaris SOPD dilingkungan pemerintah kabupaten Tapin hadiri kegiatan asistensi SAKIP dan RB yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM, bertempat di aula Tamasa Kantor Setda Tapin, Senin (06/03).
Dalam rangka menindaklanjuti hasil LHE SAKIP dan RB oleh tim evaluator Kementerian PAN dan RB serta untuk persiapan pemenuhan dokumen SAKIP dan pembahasan terkait terbitnya surat dari Kementrian PAN dan RB No.B/01/RB/06/2023 perihal perubahan evaluasi reformasi birokrasi tahun 2023, kata kepala Bagian Organisasi Setda Tapin Hj Rini Yusnita SSTP MM dalam laporannya.
Dikatakan Rini Yusnita, tujuan asistensi dalam rangka memberikan pembekalan, dan menambah wawasan kepada peserta, dalam rangka peningkatan laporan kinerja instansi pemerintah, sehingga dapat meningkatkan kualitas laporan kinerja yang sesuai dengan aturan yang berlaku.
Sementara itu Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM dalam sambutannya mengatakan, asistensi SAKIP dan RB dalam rangka memberikan saran, dan perbaikan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi, dan akuntabilitas kinerja dalam persiapan evaluasi SAKIP dan pelaksanaan reformasi birokrasi di kabupaten Tapin.
Fokus evaluasi terkait efektifitas anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) pada sektor – sektor prioritas, kinerja instansi pemerintah dan evaluasi berdampak bagi perbaikan implementasi SAKIP kedepannya. Karena itu sudah seharusnya kita memberikan informasi yang dibutuhkan kepada tim evaluator, ujarnya.
Asistensi ini tidak lain, untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan terpercaya, kata Bupati Tapin dalam sambutannya.
Seperti yang dikatakan Bupati, karena Kemenpan RB ingin melihat kinerja prioritas Pemda apakah pelaksanaan RB selama ini berdampak pada peningkatan kinerja Pemda. Oleh karena itu kita harus dapat mempertanggungjawabkan semua laporan kegiatan agar SAKIP dan RB kita bisa lebih baik.
“Kita berharap melalui asistensi ini kita dapat memperbaiki pencapaian nilai SAKIP, dan nilai reformasi birokrasi agar dapat terus meningkat,” tambahnya.
Untuk meraih kepercayaan masyarakat, kita berharap penyelenggaraan SAKIP dapat menghasilkan sebuah laporan kinerja yang sesuai dengan rencana kinerja, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan kinerja serta pelaporan dan review evaluasi kinerja, tandasnya.
Asistensi turut dihadiri para camat, kepala bagian serta tim evaluator dari Kementerian PAN dan RB yang diketuai Arif Budiawan P SE.{[her/mb03]}