Rabu, Juli 2, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

PALD Usulkan Biaya Retribusi Jasa Perbaikan Lingkungan

by matabanua
18 Januari 2023
in DPRD Kalsel, Kotaku
0
D:\2023\Januari 2023\19 Januari 2023\5\hal 5\Komisi II DPRD kota Banjarmasin dan Perumda PALD melalukan Rdp.jpg
KOMISI II DPRD Kota Banjarmasin dan Perumda PALD melakukan RDP terkait upaya PALD meningkatkan pemasukan dan pelanggannya tahun 2023.(Foto: mb/via)

BANJARMASIN – Upaya peningkatan potensi dari Air Limbah terus dipompa agar dapat melayani seluruh masyarakat sebagai upaya pemeliharaan sanitasi lingkungan masa depan.

Sayangnya, upaya tersebut belum membuahkan hasil me­muas­kan, bahkan sampai kini PALD masih merugi dan dapat dikatakan sebagai perusahaan yang tidak sehat dalam segi finansial.

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\2 Juli 2025\5\hal 5\Muhammad Yamin - Copy.jpg

Walikota Prihatin Minimnya Peserta Didik Baru

1 Juli 2025
D:\2025\Juli 2025\2 Juli 2025\5\hal 5\Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan - Copy.jpg

Pansus I Finalisasi Raperda Pedoman Pembentukan Produk Hukum Daerah

1 Juli 2025
Load More

Saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPRD Kota Banjarmasin, Direktur PALD Banjarmasin, Endang Waryono mengusulkan agar dapat menarik beban retribusi jasa perbaikan lingkungan melalui PAM Bandarmasin.

Usulan tersebut, menurut Endang sebagai upaya mening­katkan pelanggan, pihaknya berbagai cara mengajak masya­rakat agar berlangganan PALD. “Mau tak mau cari itu kami coba usulkan agar masyarakat bisa menjadi pelanggan PALD,” ujar Endang.

Dia mengatakan, langkah seperti mengajak dan men­sosialisasikan kepada masyarakat dengan menawarkan promo dan diskon telah dilakukan namun belum meespon positif dari masyarakat. “Mulai dari pema­sangan gratis dan beban biaya tiga bulan gratis masih juga tidak mendapatkan respon baik dari masyarakat,” ujarnya.

Ia pun membeberkan bahwa jumlah pelanggannya masiy sekitar 5892 pelanggan dimana dominan merupakan pelanggan hotel, restoran dan industri hingga pelayanan kesehatan. PALD juga mem­berikan pela­yanan secara mobile pada peru­mahan dengan mengambil lim­bah langsung ke tempat.

Endang juga mengatakan bahwa selama ini operasional PALD lebih besar dari pema­sukan. Biaya operasional per bulan rata-rata Rp 500 jutaan sedangkan pemasukan dari pelanggan hanya Rp 350 jutaan. “Kami setiap bulan menutupi biaya operasionalnya sekitar 150 jutaan, makanya perlu ada tambahan pemasukan lagi,” katanya.

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin, Awan Subarkah mengatakan bahwa PALD menyampaikan wacana penarikan retribusi perbaikan lingkungan dengan beberapa opsi.

“Wacana tersebut disam­paikan dengan beberapa opsi nilai, bagi kita bagaimanapun nanti perlu sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Opsi tarif yang disampaikan yakni retribusi sekitar Rp 2.500 perbulan untuk MBR, opsi kedua plat sebesar Rp 5.000 per bulan, opsi ketiga diklasifikasikan antara rumah tangga, industri atau niaga, umum atau sosial.

Awan menyadari bahwa kini kemampuan finansial Perumda PALD sudah tidak sehat lagi. Apalagi setiap tahun terus merugi karena biaya operasional lebih besar daripada pemasukan PALD.

“Bagi kami menilai penting­nya pemeliharaan air limbah ke depan sehingga mau tak mau nantinya masyarakat juga harus memahaminya dan akan menjadi pelanggan,” jelasnya.

Selain minta disosialisasikan dulu ke masyarakat agar tidak menimbulkan gejolak, DPRD juga memberikan masukan agar PALD melibatkan perumahan baru untuk menjadi pelanggan. via

 

 

Tags: Direktur PALD BanjarmasinEndang WaryonoPALDPAM BandarmasinRDP
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA