Jumat, Juli 11, 2025
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper
No Result
View All Result
Mata Banua Online
No Result
View All Result

Upaya Memahami Dan Mengembangkan Potensi Peserta Didik

by matabanua
21 Desember 2022
in Opini
0
D:\2022\Desember 2022\22 Desember 2022\8\8\suparti.jpg
Oleh : Suparti, S.Pd ( SDN 3 Batuah, Kab.Tanah Bumbu )

Bahwa setiap manusia itu tidak ada yang sempurna, masing-masing individu mempunyai kekurangan dan kelebihan, itulah kenapa manusia disebut juga mahluk sosial, karena akan selalu saling membutuhkan satu sama lain. Orang yang dipandang memiliki kelebihan, tidak seharusnya merasa superior dibanding yang lain, tetaplah rendah hati, mau membantu orang lain, jika suatu waktu dibutuhkan untuk melengkapi kekurangan mereka, begitupun sebaliknya, itulah kesalihan sosial, saling mengisi dan saling melengkapi. Setiap manusia itu unik, dan memiliki potensi untuk saling mengisi dan saling melengkapi, memiliki hak yang sama untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Berbasis paradigma diatas, guru yang memiliki kompetensi untuk mengenali potensi peserta didik sudah tugasnya untuk melakukan itu, mengenali dan mengembangkan potensi peserta didik dengan cermat dan akurat, agar metode pengembangannya menjadi tepat dan akurat pula. Minat bakat merupakan suatu kemampuan (potensi) yang dimiliki peserta didik. Dimana tingkat kemampuan peserta didik berbeda. Pada kenyataanya minat bakat peserta didik kurang dalam belajar di kelas dikarenakan permasalahan dalam dunia pendidikan hal yang paling diperhatikan yaitu adalah menggali potensi bakat minat peserta didik dalam lingkungan sekolah. Sebagaimana mestinya potensi tersebut yang dapat menunjang prestasi peserta didik dalam bidang akademik dan non akademik.

Artikel Lainnya

D:\2025\Juli 2025\11 Juli 2025\8\8\master opini.jpg

Menuju Negeri Bersih dan Berdaya

10 Juli 2025
D:\2025\Juli 2025\11 Juli 2025\8\8\Nur Alfa Rahmah.jpg

Indonesia Darurat Perundungan Anak: Mencari Solusi Sistemik

10 Juli 2025
Load More

Potensi bisa berupa kecerdasan atau kemampuan dalam melakukan sesuatu secara optimal, sehingga mendatangkan banyak kesempatan untuk peserta didik tersebut. Karena potensi-potensi tersebut bisa ditemui atau dikenali dan diasah secara terus menerus, sehingga diusia muda bisa menentukan sendiri apa yang ingin mereka capai, sekaligus mengetahui bakat apa saja yang ia miliki dan paham bagaimana cara mengasah bakat tersebut.

Akan tetapi seringkali kita temui banyak anak-anak yang sampai usia remaja menuju dewasa belum mengetahui bakat dan minatnya. Karena sulitnya berkembang dan bingung menentukan capaian hidup selanjutnya. Anak-anak tersebut, saat kembali ke lingkungan masyarakat juga seringkali kehilangan orientasi, sehingga hal tersebut dapat menghambat kerja tim atau kerja sosial yang sedang dilakukan. Untuk menanggulangi persoalan tersebut, perlu adanya peran orang tua dan juga pendidik yang ada di sekolah formal maupun non formal dalam membimbing dan mengarahkan anak-anak tersebut agar menemukan potensi yang dimiliki oleh dirinya sejak dini. Dibutuhkannya cara-cara khusus untuk dapat menggali potensi bakat serta minat anak, terutama yang masih berada di bangku Sekolah Dasar. Adapun juga tujuan dari pentingnya menggali potensi dalam diri anak-anak ini adalah agar mereka dapat berkembang dan membawa generasinya menjadi generasi yang mandiri, tegas dalam menyikapi zaman, dan tidak kehilangan orientasi, serta dapat bekerja sesuai dengan potensi atau bakat yang dimilikinya.

Setiap peserta didik itu unik dengan segala potensi yang dimilikinya. Setiap peserta didik pasti terlahir dengan bakat dan potensinya masing-masing. Sebagai seorang guru, Guru harus mampu membuka jalan seluas-luasnya bagi peserta didik supaya dapat meningkatkan prestasi berdasarkan potensi yang mereka miliki. Oleh karena itu, Guru harus jeli dan lebih peka agar bisa membantu memaksimalkan potensi anak dan mendampinginya menuju kesuksesan mereka.

Secara umum potensi dapat diartikan sebagai kemampuan yang ada pada diri seseorang. Biasanya potensi juga berhubungan dengan tingkat kecerdasan serta termasuk bakat yang dimiliki, prestasi maupun keunggulannya. Sementara untuk bakat sendiri merupakan kemampuan dasar bisa disebut juga kemampuan yang sebenarnya telah ada pada diri seseorang sejak kecil, namun perlu diasah agar bakat ini dapat muncul ke permukaan untuk dapat ditunjukan.

Setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda yang harus selalu diasah agar dapat menjadikan diri anak tersebut memiliki kepribadian sejak dini. Sehingga anak tersebut dapat mencapai hal yang di inginkan, perlu juga dukungan dan dorongan dari orang tua, pengajar atau gurunya, dan juga lingkungannya. Karena jika tidak adanya elemen-elemen tersebut, akan mustahil seorang anak didik dapat mengetahui potensi bakat dan minat yang ia miliki. Peran guru dalam mengembangkan potensi peserta didik adalah membantu peserta didik menemukan dan menyadari potensinya sesuai dengan bakat minat dan potensi diri masing-masing, kemudian mengasahnya sehingga lebih berkembang.

Salah satu yang bisa dilakukan guru untuk bisa menggali potensi yang ada pada peserta didik nya yaitu memberikan wawasan yang luas kepada peserta didik, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mencoba dan menentukan pilihannya, memberikan stimulus, mengobservasi tingkah laku anak, dan memberikan ruang eksplorasi. beberapa cara yang dapat dilakukan tersebut untuk mengembangkan potensi yang terpendam dalam diri peserta didik. Jika dikembangkan dengan baik, potensi atau bakat minat peserta didik akan dapat berkembang dan peserta didik dapat mencapai prestasi yang diinginkan. Dan yang paling penting, meski pengembangan potensi bakat dan

Tags: jangan sampai membuat kita memaksakan kehendak kepada anak tersebut. SupartiKab. Tanah Bumbuminat adalah hal yang pentingPeserta DidikSDN 3 Batuah
ShareTweetShare

Search

No Result
View All Result

Jl. Lingkar Dalam Selatan No. 87 RT. 32 Pekapuran Raya Banjarmasin 70234

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • SOP Perlindungan Wartawan

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA

No Result
View All Result
  • Headlines
  • Indonesiana
  • Pemprov Kalsel
  • Bank Kalsel
  • DPRD Kalsel
  • Banjarmasin
  • Daerah
    • Martapura
    • Tapin
    • Hulu Sungai Utara
    • Balangan
    • Tabalong
    • Tanah Laut
    • Tanah Bumbu
    • Kotabaru
  • Ekonomi Bisnis
  • Ragam
    • Pentas
    • Sport
    • Lintas
    • Mozaik
    • Opini
    • Foto
  • E-paper

© 2022 PT. CAHAYA MEDIA UTAMA