RANTAU – Kritik, saran dan masukan dari masyarakat menjadi acuan bagi dinas kependudukan dan pencatatan sipil dalam melakukan perbaikan, hal itulah yang menjadi keinginan kita membuat inovasi – inovasi agar masyarakabisa mendapatkan pelayanan yang terbaik. Hal itu diungkapkan Hj Rina Indriani Kepala Dinas Dukcap Kabupaten Tapin diruang kerjanya baru – baru tadi.
Dikatakannya, semua keberhasilan yang diraih dinas kependudukan dan pencatatan sipil saat ini berkat kerja keras dan kerja tim yang kita lakukan. Kita selalu melakukan evaluasi dalam pelayanan yang kita berikan termasuk evaluasi dalam kebijakan pelayanan, saran n prasarana, sistem informasi pelayanan publik serta pengaduan dan inovasi.
“Dari masukan dari berbagai masyarakat yang kita tampung baik melalui website, media ssial ataupun nomor aduan masyarakat, setiap tahun kita selalu mengevaluasi pelaynan kita, Alhamdulillah dari inovasi yang kita buat, kita berhasil mendapatkan 8 penghargaan,” ujarnya.
Berikut prestasi dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Tapin :
- Juara 1 lomba inovasi derah kabupaten Tapin tahun 2021 atas inovasi Dekdekan Corona ( Dapatkan Dokumen Kependudukan Dengan Chat Online Nongkrong Dirumah Aja).
- Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas penyelenggaraan publik kategori baik tahun 2020.
- Penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan atas pencetakan kartu identitas anak terbanyak III kabupaten/kota provinsi KalimantanSelatan tahun 2020.
- Penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia perwakilan provinsi Kalimantan Selatan atas Pionir perbaikan penyelenggaraan pelayanan publik di kabupaten Tapin tahun 2020.
- Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas role model peyelenggaraan pelayanan publik kategori baik tahun 2019.
- Penghargaan dari Gubenur Kalimantan Selatan dalam capaian target 95% perekaman KTP E – elektronik sampai dengan bulan November tahun 2017.
- Juara 1 Lomba Inovasi Daerah kabupaten Tapin Tahun 2022 atas Inovasi DokterCinta (Dokumen terbit cepat tanpa diminta).
- Penghargaan dari Kementerian PANRB sebagai Uni Pelayanan Publik dengan Kategori Pelayanan Prima (A).
Menurut Hj Rina Indriani, adanya inovasi Dokter Cinta ialah untuk mempermudah masyarakat yang melahirkan mendapatkan dokumen dengan cepat tanpa diminta. Karena itu dalam inovasi ini kita menjalinkerjasama dengan RSUD Datu Sanggul, RSUD Permata Bunda Kandangan dan Rumah Sakit Handayani untuk membantu masyarakat yang melahirkan langsung mendapatkan akta kartu keluarga, akta kelahiran dan kartu identitas anak.
Jadi inovasi ini untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada ibu yang baru melahirkauntuk mendapatkan dokumen kependudukan tanpa antrian pelayanan. Dengan adanya inovasi pelayanan ini,diharapkan saat pasien keluar dari rumah sakit meraka langsung mendapatkan dokumen kependudukan untuk keperlan dimasa yang akan datang. (*)