
BATU – Kegiatan Refreshment Wartawan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Senin (24/10), dibuka Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel Bimo Epyanto di Batu, Malang, Jawa Timur.
Dalam pesannya, Bimo menyatakan kegiatan ini dapat memperkaya wawasan Jurnalis. Di sisi lain, dengan kegiatan ini juga dapat menimbulkan komunikasi dua arah, dan pihaknya dapat memperoleh informasi dari jalur-jalur lain.
Direktur Pemberitaan JTV Abdul Rokhim selaku narasumber, menyampaikan topik Implementasi Bahasa Jurnalistik dalam Penulisan Berita dan Artikel, yang menekankan perlunya bahasa yang disampaikan dan dimengerti masyarakat.
Ia juga menekankan, berita harus berisi tujuh point yang disebutnya ‘Rukun Iman Berita’ yang terdiri atas Penting, Aktual, Unik, Asas Kedekatan, Asas Keterkenalan, Maginitude (memiliki daya tarik), dan Human Interest.
Sementara, Choirul Anam dari Bisnis Indonesia, mengulas release BI menjadi sebuah berita. Seperti berita yang diterbitkan BI yang judulnya; Bank Indonesia dan Perbankan Terus Kegiatan Kas Keliling Bersama (Kaliber) ke Daerah Terluar Kalsel. Judul tersebut diubah dengan mengajak peserta kegiatan untuk mengubahnya, termasuk dalam menentukan lead berita.
Sedangkan Abdul Rokhim mengingatkan, jika sebuah berita ekonomi yang dibuat harus dapat dipahami anak kelas V sekolah dasar. Itu berarti berita yang dibuat oleh seorang jurnalis sukses.
Berita lainnya yang dibahas, yaitu Sinergi Bank Indonesia dan TPID Provinsi Kalimantan Selatan dalam Mengendalikan Inflasi Pangan. Di pembahasan berita kedua ini, juga ada masukan dari peserta perempuan.
Abdul Rokhim juga mengingatkan, lead berita seperti halnya pintu masuk sebuah toko. Jika pintu itu rusak, lapuk, maupun sempit, orang akan enggan masuk toko tersebut.
Kemudian berita Dorong Akselerasi UMKM Berorientasi Ekspor, BI Se Kalimantan Gelar Pamor Borneo 2022.
Kegiatan yang dimoderatori Kepala Unit Kehumasan Rakhmat Pratama, diakhiri dengan sesi tanya jawab. mb06