
JAKARTA – UMKM memegang peranan penting di Indonesia karena berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM pada tahun 2021 telah mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97 persen atau senilai 8.572,89 Triliun.
Sementara itu tenaga kerja yang terserap 97 persen dari total tenaga kerja pada tahun 2022 serta dapat menghimpun sampai 60,4 persen dari total investasi.
Namun dari jumlah yang begitu besar belum banyak yang naik kelas, bahkan tidak brkembang. Padahal di negara lain peran UMKM cukup besar sebagai global value chain dan menjadi bagian besar devisa negara.
“Oleh karena itu diperlukan peran seluruh stakeholder untuk berupaya menaikan kelas dan menjadikan kemitraan serta membatu akses pasar bagi UMKM dengan berbagai upaya,” ujar ekonom Aviliani dalam rilisnya.
Beranjak dari latar belakang tersebut, Inspigo kembali meluncurkan podcast show bertajuk “Kupas Bisnis ala Aviliani” season kedua. Episode pertama di season kedua ini sudah dapat didengar secara ekslusif di aplikasi inspigo pada 5 September 2022 lalu.
Inspigo atau yang disebut inspiration on the go merupakan sebuah media atau platform berupa aplikasi. Aplikasi ini menyediakan konten audio podcast yang menyajikan berbagai topik seputar pengetahuan, motivation dan skills.
“Tujuan dari podcast ini adlah agar banyak usaha bisa saling belajar satu dengan lainnya, memotivasi orang jadi pebisnis dan kaum profesional pun dapat memahami bagaimana mereka bekerja dengan memiliki jiwa pebisnis sehingga dapat membuat perusahaan untung,” ujar Aviliani.
Kupas bisnis ala Aviliani season 2 terdiri dari 5 episode mewawancarai lima UMKM yang unik dengan skil-skil menarik yang bisa dipelajari oleh pendengar Inspigo untuk diterapkan di dunia kerja mereka.
Pada episode pertama, akan ada Pak Eko Sulistyanto dengan Warung Tumannya yang unik. Yang menarik dari episode ini adalah lokasi bisnis yang tidak strategis tapi sukses menarik yang konsumen.
“Ada skil-skil yang bisa dipelajari pada episode ini yakni creativity, bagaimana orang memanfaatkan medsos sebagai media promosi dengan kekuatan narasi, lalu ada originity dimana warung ini menawarkan menu makanan unik yang berasal dari resep warisan keluarga dan yang terakhir initiative yakni membuka peluang usaha untuk warga sekitar dengan mengajak mereka berjualan di sekitar Warung Tuman,” papar Dita Guritno, Co-founder & Chief of Content Inspigo.
Di episode kedua akan ada Ibu Wahyuni dari Omocha Toys. Nantinya akan ada penjelasan apa saja keunikan Omocha Toys dan juga rahasia dalam menjalankan bisnis mainan anak edukatif selama 15 tahun tips cara bersaing di era serba digital. lp6/mb06