
BANJARMASIN – Pelayanan kesehatan terus ditingkatkan. Mengikuti trend zaman serba digital dan kemajuan ilmu dan teknologi (IT), pelayanan publik oleh pemko Banjarmasin juga harus mengikuti cepatnya perkembangan dunia.
Saat ini, di beberapa propinsi Indonesia pelayanan publik sudah lebih maju dimana memanfaatkan aplikasi mereka sudah menikmati pelayanan yang cepat.
Kemajuan itu, menurut anggota DPRD Kota Banjarmasin, H Sukhrowardi agar dimanfaatkan optimal oleh dinas-dinas yang memberikan pelayanan publik. “Seperti pelayanan di puskesmas, agar telah menggunakan aplikasi Telemedicine dalam pendaftaran berobat,” katanya, belum lama tadi.
Aplikasi tersebut pastinya akan mempermudah dan mempercepat pelayanan kesehatan masyarakat ketika ingin berobat “Jadi tak perlu lagi antri berjam-jam menunggu panggilan dan menumpuk di puskesmas, nomor pendaftaran sudah ditangan sehingga bisa langsung datang saja ke puskesmas,” jelasnya.
Aplikasi Telemedicine juga sangat efektif dalam mengetahui siapa yang memberikan pelayanan kesehatan. “ Karena dengan aplikasi tersebut masyarakat sudah tahu siapa melayani dan obat apa yang ada,” tutur anggota Komisi IV tersebut.
Dia menghendaki agar pemko sebagai pemerintah yang mengusung kota smart city mestinya sudah mempersiapkan aplikasi yang mempermudah pelayanan publik di semua dinas.
Sukro juga memberikan apresiasi positif dengan telah dioperasionalkan puskesmas sungai andai. Hadirnya puskesmas tersebut telah memberikan kemudahan dan peningkatan dalam pelayanan kesehatan di kota ini. “Tinggal mnyesuaikan saja lagi dengan pelayanan administrasi yang cepat dan berbasis IT agar pelayanan kesehatan cepat tanggap seperti yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan,” jelasnya. Via