
Guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam suatu proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan guru memiliki peranan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan edukatif. Selain itu, guru juga memiliki hubungan yang erat dengan siswa dalam hal pelaksanaan pembelajaran terutama pembelajaran di dalam kelas. Guru merupakan sosok yang menjadi panutan bagi siswa dalam proses belajarnya. Sebagai sosok yang dianut oleh siswa, guru hendaknya merupakan individu yang berkualitas dengan memiliki berbagai kompetensi yang diperlukan dalam pembelajaran.
Terdapat beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru agar dapat menjadi guru yang berkualitas. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dijelaskan bahwa guru harus menguasai empat kompetensi utama, yaitu pedagodik, kepribadian, sosial, dan profesional. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan dalam mengelola pembelajaran di kelas yang meliputi pemahaman guru terhadap karakteristik siswa, perancangan serta pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengaktualisasian potensi yang dimiliki oleh siswa. Ketika guru memiliki kompetensi pedagogik yang baik, guru dapat mengelola pembelajaran di dalam kelas supaya menjadi pembelajaran yang mendidik dan berkualitas.
Guru yang memiliki kemampuan pedagogik akan mampu mengkondisikan siswanya sehingga proses pembelajaran menjadi efektif dan edukatif. Hal tersebut dapat terjadi karena guru telah memahami karakter dari siswanya sehingga guru tahu bagaimana cara yang tepat untuk menangani kelas agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan edukatif. Tindakan yang diambil oleh guru untuk menangani siswa di kelas tidak bisa sembarangan tanpa mempertimbangkan karakter dari siswa. Apabila tindakan yang diambil oleh guru tidak tepat, maka keberlangsungan proses pembelajaran di kelas dapat terganggu dan tidak efektif. Proses pembelajaran yang tidak efektif dapat menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Sebaliknya, proses pembelajaran yang berjalan secara efektif dan kondusif, maka tujuan-tujuan pembelajaran yang telah dirancang oleh guru dapat tercapai dan kebutuhan akan belajar siswa juga akan terpenuhi sehingga hasil belajar siswa juga berkualitas.
Guru yang memiliki kompetensi pedagogik akan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Dengan kompetensi pedagogik, guru mampu memahami karakteristik siswa tidak hanya dengann memahami karakter siswa, tetapi juga memahami potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa. Guru yang telah memahami potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa akan berupaya untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh siswa. Pembelajaran yang dirancang sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh siswa akan menjadikan siswa diperhatikan oleh guru dan merasa senang untuk mengikuti pembelajaran bersama dengan sang guru. Pembelajaran yang telah disesuaikan dengan potensi siswa juga akan meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar. Pembelajaran yang mampu menciptakan rasa senang bagi siswa saat belajar dan mampu meningkatkan kemampuan siswa maka dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Guru yang memiliki kompetensi pedagogik akan mampu melaksanakan kegiatan evaluasi hasil belajar peserta didik. Dengan evaluasi hasil belajar maka guru dapat mengetahui apakah pembelajaran yang telah dilaksanakan telah berjalan secara efektif ataukah tidak. Hal tersebut dapat diketahui guru dengan menganalisis apakah tujuan pembelajaran telah tercapai, indikator pencapaian kompetensi telah tercapai, dan lain sebagainya. Jika dirasa pembelajaran masih belum efektif, maka guru dapat memilih metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan semangat belajar serta motivasi belajar siswa supaya pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Pemberian motivasi pembelajaran oleh guru kepada siswa merupakan salah satu tugas guru sebagai motivator. Oleh karena itu, dengan kompetensi pedagogik maka guru juga dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa.
Kompetensi pedagogik juga sangatlah penting bagi diri pribadi guru dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Dengan kompetensi pedagogik guru menjadi lebih mampu mengeksplor berbagai teori-teori pendidikan serta metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat membandingkan mana yang paling baik untuk membantu perkembangan siswa. Kompetensi pedagogik membantu guru untuk menghindari kegiatan pembelajaran yang bersifat monoton, tidak disukai oleh siswa, dan menyebabkan siswa kehilangan minat dan motivasi belajar siswa.