BANJARMASIN – Ratusan pelanggan di Banjarmasin kembali mengeluhkan macetnya leding PDAM Bandarmasih, hingga mereka tak mendapatkan distribusi air bersih.
Kali ini enam RT dari warga Jl Bina Karya Kelurahan Pelambuan Banjarmasin Barat mengeluhkan air tak mengalir hingga berminggu- minggu, bahkan melebihi satu bulan.
Ketua RT 69, Rusmawati mengaku, kondisi itu telah dirasakan warganya sejak bulan puasa tadi. Selain RT 69, wilayah RT lain yakni RT 67, 68, 70,71 dan RT 72 juga mengalami nasib yang sama.
“Sulit sekali pas bulan Ramadan itu. Apalagi, siang itu warga kan mau mengisi penampungan air, tapi apa boleh buat air tak mengalir,” ungkapnya.
Ia mengaku, sampai saat ini air bersih dari PDAM sangat sulit didapat. Beberapa kali, bantuan diberikan oleh relawan pemadam kebakaran yang membawakan air bersih untuk dibagikan kepada warga. “Cukup tak cukup air tangki 4.000 liter kami bagikan kepada warga paling tidak untuk memasak, karena walaupun air mengalir namun air keruh dan berbau, “jelasnya.
Ia juga mengatakan, kondisi macetnya distribusi air ini juga sudah dilaporkan kepada pihak PDAM. Namun sampai saat ini PDAM hanya sempat mengirimkan 1 tanki air bersih kepada warga. “Sebelum lebaran ada lapor, tapi tidak ada ditanggapi. Bahkan keluhan warga ini banyak sekali,” katanya.
Menanggapi keluhan tersebut, Tim TRD PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin, mereka terus bergerak membuang angin yang terjebak pada pipa-pipa sejak Senin (16/5)
Proses pembuangan angin pada pipa-pipa tersebut untuk memperlancar distribusi ke wilayah Tanjung Berkat, Antasan Raden Banyiur, Pelabuhan Trisakti, PM Noor, Pasir Mas, Mesjid Jami Teluk Tiram, jembatan Kuin Pertamina dan lainnya.
“Mudah-mudahan dengan langkah ini, air akan kembali mengalir normal lagi. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ucap Supervisor Humas PDAM Bandarmasih, Nur Wakhid.
PDAM Bandarmasih Banjarmasin juga berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan secepatnya kondisi distribusi air ke wilayah Banjarmasin Barat.
Direktur Operasional PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin, Ir H Supian. “Sejak Sabtu malam, kami turunkan tim NRW dan GAM, sebagian sudah ada yang mengalir. Guna membantu masyarakat mendapatkan air bersih di daerah tersebut, PDAM Bandarmasih tetap mengirim mobil tangki.
“Jadi sejak beberapa waktu lalu tim kami berkerja keras menangni masalah tersebut, setelah Teluk Tiram terjadi perbaikan kemudian kami langsung ke pelabuhan. Tim langsung bergerak sampai tadi malam kami hampir jam 4 an di lapangan untuk mengarahkan aliran dan perbaikan di berberapa titik masalah,” katanya.
Dari tindakan ini, menurut Supian ada peningkatan tekanan ke arah yang sebelumnya tidak mengalir ada yang pakai pompa dan ada juga yang tidak.
“Mudahan-mudahan dengan upaya ini, distribusi air ke wilayah Banjar barat kembali normal,” tutupnya. Via